Lebih Untungkan Asing, RIM Minta MPR Gelar Sidang Istimewa

JAKARTA — Sejumah orang yang tergabung dalam Aliansi Rakyat Indonesia Menggugat (RIM) mendatangi gedung DPR RI, Senayan, Jakarta. Mereka menuntut agar kontrak PT Freeport tidak lagi diperpanjang. Perusahaan asal Amerika yang menambang emas di Indonesia Timur, Papua dinilai lebih banyak memicu kekisruhan daripada mendatangkan kedamain dan kesejahteraan buat rakyat Indonesia.
Mereka juga sangat berharap agar penyelenggara negara tunduk dan patuh kepada konstitusi supaya bisa menyelesaikan persoalan bangsa yang hingga kini belum tuntas.
“Akankah negeri ini mau kita biarkan porak poranda dengan perilaku pemerintah yang tidak konsisten dengan janji janji politiknya,” ujar Ketua Umum RIM, Effendi Saman di kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (01/12/2015).
Disebutkan, seluruh kekayaan alam bumi ibu pertiwi, telah habis dikuras oleh gurita asing (Neoliberalisme)
Selain PT Freeport Indonesia, Effendi juga menyinggung pemerintah terkait proyek pembangunan kilang Migas Blok Masela, Tambang Newmom Blok Mahakam dan ekson mobil yang semuanya tidak menguntungkan bagi rakyat indonesia.
Perihal itulah membuat RIM gugat sampaikan aspirasi, sekaligus koreksi total terhadap pemerintahan Jokowi-JK agar segera menyelesaikan persoalan bangsa terkait pemulihan ekonomi yang menyangkut standarisasi harga pasar, kelayakan hidup bagi kesejahteraan, kebijakan pemerintah terkait tuntutan upah.
“Pelindo, yang pernah dibongkar oleh Rizal ramli, hingga kini belum dituntaskan oleh pemerintah, Nah sekarang Freeport adalah puncak kekisruhan, Rezim ini jelas pro asing,”papar Effendi Saman.
Untuk itu, Rakyat Indonesia Menggugat (RIM) mendesak:
1, MPR dan DPR RI agar segera melaksanakan sidang istimewa.
2, Segera Nasionalisasi Aset Aset Negara, tudak lagi bicara tentang Renegoisasi.
3, Mengajak Seluruh rakyat indonesia menggugat Presiden dan Wakil Presiden.

JURNALIS : ADISTA PATTISAHUSIWA


Jurnalis Cendana News wilayah DKI. Jakarta. Bergabung dengan Cendana News pada Juni 2015. Sebelum bergabung dengan Cendana News, jurnalis di beberapa media lokal dan nasional. 

Akun twitter : @dinopattisdebby

Editor : ME. Bijo Dirajo / Fotografer : Adista Pattisahusiwa
Lihat juga...