Libur Natal Dan Tahun Baru, Rute Manado dan Jogjakarta Jadi Favorit

Kamis, 17 Desember 2015 / Jurnalis: Ferry Cahyanti / Editor: Gani Khair
Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman

BALIKPAPAN – Jelang liburan Natal dan Tahun Baru, maskapai berbiaya murah Citilink mencatatkan  tingkat keterisian penumpang yang cukup signifikan untuk sejumlah rute. 

“rute Makassar full sejak 18-24 Desember. Begitu juga Denpasar, sejak 18 sampai akhir Desember,” kata District Manager Redemtus Pramono di kantornya di Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman, Kamis (17/12/2015).
Ia menjelaskan rute yang juga diminati dan harga yang ikut naik jelang Natal yakni daerah Jogjakarta. Dimana tiket dibuka Rp1,4 juta padahal load factornya baru mencapai 50 persen. Normalnya, penerbangan ke Kota Pelajar hanya dipatok Rp800 ribuan.
District Manager
Redemtus Pramono

Sementara khusus untuk Denpasar dibuka setiap Jumat, Minggu dan Senin. Sedangkan tujuan Makassar dilayani setiap hari pukul 12.00 wita.

Lanjut Pramono penerbangan ke Surabaya termasuk rute yang juga dipenuhi penumpang edisi Natal dan Tahun Baru. “Load factor Surabaya 19-24 Desember sudah 80 persen. Tapi sisanya masih open dengan harga rendah Rp600 ribuan,” imbuhnya.
Hal yang sama juga dikatakan Chief Reservasi Lion Air Group Oke Stela. Menurutnya, rute Balikpapan – Manado dipastikan meningkat saat Natal. Dan diperkirakan rute tersebut akan full semua meski sudah dibuka dua flight dalam satu hari. 
Pihaknya pun berencana menambah extra flight. “Kalau memungkinkan. Makanya kami akan lihat kondisi saat peak season nanti,” sambungnya. Adapun penerbangan Natal dibuka setiap pukul 13.20 Wita dan 21.10 Wita.
Oke menambahkan penerbangan mulai Rabu ke arin (16/12) tingkat keterisian penumpang (load factor) mencapai 90 persen dengan harga seat yang tersisa dijual Rp1 jutaan. Padahal normalnya hanya Rp700 ribuan. Itu untuk penerbangan pertama. Sedangkan penerbangan kedua, dibuka dengan harga Rp900 ribuan. Kapasitas yang masih tersedia hanya 51 tempat duduk.
“Penerbangan mulai 17-24 Desember harga dibuka mulai Rp1,6 juta. Seluruhnya masih menyisakan tempat duduk dengan jumlah bervariasi. “Penerbangan siang yang paling full,” tutupnya.

Sumber foto: Ferry Cahyanti

Lihat juga...