Libur Panjang Aktifitas Pelabuhan Bakauheni Meningkat Tajam

RABU, 23 DESEMBER 2015
Jurnalis: Henk Widi / Editor: Sari Puspita Ayu / Sumber foto: Henk Widi

LAMPUNG—Situasi Pelabuhan Bakauheni Lampung Selatan Provinsi Lampung terus menunjukkan aktifitas peningkatan sejalan dengan liburan panjang siswa sekolah, libur Natal 2015 dan menjelang tahun baru 2016. PT Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan bahkan memprediksi arus puncak liburan akan terjadi pada Rabu (23/12/2015) ini.


Antisipasi lonjakan akttifitas di beberapa dermaga, pintu masuk, loket pembelian tiket PT Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan (PT ASDP) Bakauheni telah melakukan persiapan terutama penyiapan armada kapal yang beroperasi di lintasan Selat Sunda.
Sebanyak 27 kaal roll on roll off (roro) telah disiagakan di lintasan Selat Sunda untuk mengantisipasi lonjakan penumpang pejalan kaki, penumpang dengan kendaraan roda empat dan kendaraan roda dua.
Kepala Cabang PT ASDP Bakauheni, Tommy L Kaunang mengungkapkan peningkatan arus penyeberangan telah terjadi dalam beberapa hari ini namun diprediksi akan meningkat menjelang Natal.
“Beberapa pekerja belum libur namun saat menjelang Natal dan beberapa pegawai sudah libur maka akan terjadi lonjakan arus yang diprediksi siang hingga sore ini baik yang akan menuju ke Pulau Jawa atau dari Pulau Sumatera,”ungkap Tommy L Kaunang, Rabu (23/12/2015).
Menurut Tommy L Kaunang peningkatan jumlah penumpang pejalan kaki, kendaraan pribadi, sepeda motor dan bus yang mencapai 100% dibanding dengan hari biasa, tidak berdampak terjadinya stagnasi (penumpukan) di lima lokasi parkir Pelabuhan Bakauheni.
Ia memastikan tidak akan terjadi antrian panjang karena pola penerapan arus yang kini lebih teratur, bahkan dipastikan antrian hanya sesaat saat menunggu bongkar muatan. Namun saat membuka pelayanan, seluruh kendaraan masuk dalam lambung kapal yang berkapasitas besar.
Berdasarkan data dari PT ASDP Bakauheni dalam angkutan arus liburan liburan Natal dan tahun baru tahun ini rata-rata penumpang pejalan kaki 5.300 sampai 6.000 orang. Bahkan dalam dua hari terakhir jelang Natal  penumpang pejalan kaki mencapai 9.500 orang, sedangkan mobil pribadi 3.150 unit, sepeda motor 850 unit dan 350 bus per hari. Padahal sebelumnya penumpang pejalan kaki 3.000 sampai 3.500 orang, kendaraan pribadi 1.200 unit, sepeda motor 350 unit dan 180-200 unit bus.
Selain mengoperasikan 27 unit kapal berbobot besar rata-rata di atas 4.000 grosston (GT), mengingat ancaman gangguan cuaca buruk yang melanda perairan Selat Sunda sejak sepekan terakhir, PT ASDP Cabang Bakauheni juga menyiapkan tugboat TB Merak untuk mengantisipasi kapal yang mengalami kesulitan sandar.
Selain itu selama arus liburan ini telah dipersiapan toll gate penumpang pengguna kendaraan dengan sebanyak 8 toll gate untuk kendaraan roda empat, kendaraan roda dua pun telah dipersiapkan bekerjasama dengan pihak ketiga dalam hal ini PT Mata pencil. Sementara untuk loket penumpang pejalan kaki, sebanyak 10 loket akan dipersiapkan dengan loby pembelian tiket yang nyaman dengan ruang berpendingin.
Lihat juga...