Mahasiswa Ubaya Ubah Mikroalga Jadi Energi Listrik

Mahasiswa Universitas Surabaya
SURABAYA — Mahasiswa Universitas Surabaya (Ubaya) berhasil menciptakan energi listrik yang berasal dari mikroalga yaitu alga hijau. Temuan ini diprakarsai oleh Yoanes Maria Vianney, Go Melisa Gunawan, dan Yoko Brigitte Wang, ketiganya mahasiswa Fakultas Teknobiologi.
Ketua Tim peneliti, Yoanes Maria Vianney menjelaskan, penelitian tersebut membutuhkan waktu 2-3 bulan dan menghabiskan dana Rp 3 juta.
“Untuk menghasilkan listrik, Nannochloropsis Oculata dalam larutan katoda dengan elektroda karbon. Sedangkan untuk anoda, menggunakan logam magnesium sebagai elektroda,” terangnya.
Ia menambahkan, energi listrik dengan menggunakan Nannochloropsis Oculata dalam katoda sel Volta merupakan suatu tipe energi yang baru, kontinu dan bersih.
Yoko Brigitte menambahkan, dengan jumlah kompartemen semakin banyak bisa menghasilkan listrik lebih banyak. Satu kompartemen bisa menghasilkan setara dengan baterai 1,5-1,8 volt.
“Volume dan densitas alga tidak berpengaruh terhadap arus listrik yang dihasilkan, yang berpengaruh adalah jumlah kompartemen,” tegasnya.
Menurutnya, selama alga fotosintesis maka laju pertumbuhannya akan cepat sehingga bisa menghasilkan listrik. Ciri alga yang masih hidup, bisa dilihat dari warna alga, kalau warnanya hijau maka hidup, kalau warnanya kuning maka mati.
“Microbial Fuel Cell, hasil listrik dari mikroorganisme dengan reaksi reduksi, keunggulannya lebih ramah lingkungan,” pungkasnya.
SELASA, 08 Desember / Jurnalis : Charolin Pebrianti / Foto: Charolin Pebrianti / Editor : ME. Bijo Dirajo
Lihat juga...