Manfaat Taman Tugu Adipura Bagi Warga Kota Balikpapan

SABTU, 19 DESEMBER 2015
Jurnalis: Ferry Cahyanti / Editor: Sari Puspita Ayu / Sumber foto: Ferry Cahyanti

BALIKPAPAN—Keberadaan taman dan keindahan maupun pemeliharaan merupakan salah satu titik penilaian kebersihan Piala Adipura.


Kota Balikpapan memiliki beberapa taman kota diantaranya Taman Bekapai, Taman Tiga Generasi, dan Taman Tugu Adipura. Taman Tugu Adipura berada di samping pertigaan Jalan Jendral Ahmad Yani dan Jalan Pangeran Antasari Kelurahan Gunung Sari Ilir kecamatan Balikpapan Tengah.
Taman Tugu Adipura ini dibangun sebagai wujud rasa bangga atas sering diraihnya penghargaan Adipura oleh masyarakat dan Pemerintah Kota Balikpapan. Dibangun dengan penataan taman yang cukup rapi dan penuh estetika, sehingga menjadi daya tarik tersendiri dibandingkan taman lain yang ada di Balikpapan.
Taman Tugu Adipura ini dilengkapi dengan gazebo (tempat istirahat yang terbuat dari kayu), tanaman hijau, jasa pijat kaki atau yang lebih dikenal denganrefleksi kaki, drainase yang luas dan air mancur. Tak jauh dari Taman Tugu Adipura ini ada Sekolah Dasar dan pemukiman masyarakat serta pertokoan.
Taman Tugu Adipura menjadi salah satu lokasi wisata dalam kota yang banyak diminati pengunjung baik warga asli Balikpapan maupun mereka yang sedang berkunjung. Biasanya mereka datang bersama keluarga sekedar menikmati kuliner yang ada di sekitar taman dan yang pasti, berfoto bersama. 
Selain sebagai tempat rekreasi dalam kota, dalam kesehariannya, banyak ibu-ibu yang mengantar anaknya sekolah memanfaatkan taman ini untuk berkumpul bersama sembari menunggu anaknya pulang sekolah. 
Taman ini juga mengukuhkan kota Balikpapan sebagai kota layak anak, karena di taman ini anak-anak bisa bermain dengan aman tanpa gangguan lalu lalang kendaraan atau hal lain yang membahayakan keselamatan mereka selama bermain. Jika hari libur tiba, banyak anak-anak memanfaatkan masa liburan dengan bersepeda di taman ini. 
Echa, salah satu warga yang nampak sedang menikmati waktu istirahat di Taman Tugu Adipura mengatakan bahwa ia pilih taman ini untuk menghabiskan waktu bersama keluarga karena tempat ini sangat nyaman untuk anak-anak.
“Ingin ngajak anak-anak jalan-jalan tapi yang murah meriah, nyaman dan mudah dijangkau. Anak-anak bermain, orang tuanya bisa menikmati pijat kaki yang katanya bagus untuk kesehatan, harganya pun sangat terjangkau,” tuturnya kepada Cendana News, Sabtu (19/12/2015).
Hal yang sama juga disampaikan oleh Gusti, salah seorang pengunjung yang datang dan langsung menuju ke gazebo yang ada di Taman Tugu Adipura. Dia mengatakan datang ke taman untuk beristirahat sambil berdiskusi bersama temannya. 
Menurutnya, bagi mereka yang baru pertama datang ke Balikpapan, tak ada salahnya menjadikan Taman Tugu Adipura sebagai salah satu destinasi wisata lokal. Lokasinya tidak jauh dari Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman. 
“Dengan biaya 10 ribu untuk dua kali ganti angkutan umum, pengunjung sudah bisa sampai di Taman Tugu Adipura ini,” pungkasnya. 
Lihat juga...