Masyarakat Sulawesi Tenggara Bangga La Ode M. Syarif Jadi Anggota KPK

Jum’at, 18 Desember 2015 / Jurnalis: Rustam / Editor: Sari Puspita Ayu

LM. Syarif bersama kerabat
KENDARI—Masyarakat Provinsi Sultra (Sulawesi Tenggara) merasa bangga, sekaligus menaruh harapan besar atas terpilihnya La Ode Muhammad  Syarif sebagai anggota Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) oleh DPR RI.

“Secara pribadi saya tidak kenal Pak La Ode Muhammad Syarif. Namun, karena beliau adalah berasal dari Sultra, saya mengharapkan dapat melaksanakan tugas KPK secara amanah,”  kata Fitri, alumni Fakultas Hukum Universitas Halu Oleo (UHO) kepada Cendanan News, Jumat (18/12/2015).
Tidak hanya Fitri, masyarakat lain juga berharap, agar LM Syarif yang pernah menempuh pendidikan hukum tentang lingkungan hidup, dapat memberantas tindakan korupsi di Indonesia secara adil. 
Misalnya saja, Aidil mantan aktivis pergerakan mahasiswa di Kendari. “Kita patut bersyukur dan berbangga bahwa di Sultra, ada putra terbaiknya terpilih sebagai anggota KPK RI. Ini langkah yang baik dalam memberantas korupsi yang terjadi saat ini,” ujarnya.
Hanya saja, Aidil berharap ke depan KPK jangan masuk ke ranah politik, untuk mengusut kasus dugaan korupsi. Karena menurut pengamatan Aidil, ada dugaan tanpa disadari KPK tergiring ke dalam ruang politis.
La Ode Muhammad Syarif adalah putra asal Sultra, lahir di Desa Oempu, Kecamatan Tongkuno, Kabupaten Muna Barat (dulu Kabupaten Muna). Semasa kecil, waktunya dihabiskan di Muna. Pendidikan dasarnya, mulai SD, SMP dan SMA di Kabupaten Muna.
Anak pasangan La Ode Hasidu dan Wa Ode Esi, kemudian melanjutkan pendidikan di fakultas hukum Universitas Hasanuddin (Unhas) Makassar, Sulawesi Selatan (Sulsel). 
Setelah itu Syarif kemudian menjadi dosen di Unhas. Selain menekuni profesi dosen, dia juga aktif dalam pelatihan pengendalian korupsi Indonesia yang didanai USAID (United States Agency for International Developmen).
Atas keberhasilan LM Syarif masuk anggota KPK, juga disambut La Ode Haji Polondu. Melalui status media sosial yang diunggahnya, menyebutkan bahwa La Ode Muhammaf Syarif adalah putra asli Sultra. Dia lahir di Walengkabola tepatnya di Desa Oempu, Kecamatan Tongkuno. Media sosial memang salah satu sarana yang dipilih oleh masyarakat Sultra menyampaikan kebanggaannya atas terpilihnya putra daerah asal mereka sebagai Anggota KPK.

Sumber foto : Rustam
Lihat juga...