Menengok Budidaya Ikan Keramba Milik Sertu La Ari

SENIN, 21 DESEMBER 2015
Jurnalis: Samad Vanath S. / Editor: Sari Puspita Ayu / Suber foto: Penerangan Komando Daerah Maluku/KODAM XVI Pattimura

AMBON—Babinsa Koramil Piru, Sertu La Ari Tomia telah berhasil mengembangkan usaha budidaya ikan. Usaha ini dijalankan dengan menggunakan keramba tancap, menjadi usaha restauran dan cottage di Dusun Pelita Jaya Desa Eti, Kecamatan Seram Barat, Kabupaten Seram Bagian Barat Provinsi Maluku.

Usaha ikan keramba milik Sertu La Ari

Nama Rahma Molucas Cottage terinspirasi dari nama putri semata wayang pasangan Sertu La Ari dengan Amaila yang baru kelas 2 SMP dan bercita-cita menjadi petinju, seperti yang disampaikan La Ari sendiri.
“Usaha budidaya ikan yang saya kembangkan saat ini, merupakan pekerjaan turun-temurun keluarga asli Buton yang sudah lama bermukim di wilayah Pelita Jaya, dimana sebagian besar warganya bermatapencaharian dari hasil laut,” terang La Ari kepada Cendana News, Senin (21/12/2015).
Menurutnya, dari hasil budidaya ini juga memasok ikan segar hingga ke kota Ambon, dimana salah satunya adalah Restoran Ratu Gurih yang merupakan tempat perjamuan makan tamu Kodam.
Ketekunan dan kerjakeras yang telah dirintis sejak 2005 merupakan kunci keberhasilan Sertu La Ari yang dibantu oleh istri dan keluarga, sehingga sampai sekarang dapat mengembangkan usaha budidaya ikan menjadi restauran dan cottage.
“Usaha ini juga menjadi ispirasi bagi Bupati SBB yang sering makan di restoran tersebut untuk mengembangkan wilayah tersebut menjadi daerah wisata dan telah membangun belasan cottage yang konsepnya,” imbuh Sertu La Ari.
Ditambahkannya, perpaduan budidaya ikan, restauran serta cottage merupakan salah satu usaha yang saat ini sedang dilirik para investor.
“Tempat seperti ini layak menjadi tujuan wisata karena yang didapat pengunjung selain keindahan alam juga makanan segar yang sudah pasti sehat.” pungkasnya.
Lihat juga...