hut

Mengenal Kambose, Makanan Sehat Asli Pulau Muna

MINGGU, 27 DESEMBER 2015
Jurnalis: Rustam / Editor: Sari Puspita Ayu / Sumber foto: Rustam

KENDARI—- Jalan-jalan di Pulau Muna, Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra), jangan lupa mencicipi makanan tradisional yang dinamakan kambose atau kambuse. Makanan khas etnis Muna ini terbuat dari jagung kering.

Kambose
Bagi penduduk asli kepulauan Muna, menu kambose tidak hanya dihidangkan dalam menu makan sehari-hari tetapi juga dalam acara adat, menu kambose sudah menjadi makanan yang wajib dihidangkan. Apapun suasananya, jika tanpa kambose jadi kurang lengkap.
Kabupaten Muna yang dikenal sebagai daerah penghasil jagung di Sultra, sejak dahulu sudah terbiasa mengkonsumsi jagung sebagai makanan pokok.. 
Makanan kambose ini dapat dihidangkan bersama sayur dan aneka olahan berbahan ikan. Khusus di Kabupaten Muna, jenis sayur yang populer dikonsumsi dengan kambose adalah daun kelor. Sedangkan lauk yang paling pas adalah ikan kering yang dibakar. 
Sekilas, kambose nampak seperti jagung rebus pada umumnya padahal tidak. Yang membedakan adalah kulit biji jagung, kalau jagung rebus umumnya biji jagung masih diselimuti kulit bening tipis tapi kambose, kulit tipis pada biji jagung itu sudah tidak ada sama sekali sehingga saat memakannya, jagung terasa lembut demikian pula saat mengunyahnya, tidak “secapek” mengunyah jagung rebus yang bijinya masih berkulit. 
Untuk melepaskan kulit tipis pada biji jagung, bagi masyarakat asli Muna adalah hal mudah tetapi bagi yang belum terbiasa, cara ini tidak bisa dikategorikan mudah karena “melibatkan” serbuk kapur saat merebus jagung, dibutuhkan keahlian khusus untuk memberikan takaran serbuk kapus yang pas pada setiap porsi jagung yang direbus. Jika tidak pas, tentu jagung tidak bisa dinikmati.
Kambose sudah pasti sehat.  Kambose sudah pasti salah watu kuliner warisan leluhur yang pantas dikonsumsi oleh generasi masa kini. Walaupun sederhana tapi gizi yang terkandung didalamnya sudah bisa dipastikan jauh lebih tinggi dibandingkan makanan siap saji yang menjajah “lidah” generasi muda.
Ingin belajar membuat kambose? Datanglah ke Kendari, Ibukota Provinsi Sulawesi Tenggara dan lalu menyeberang menaiki kapal feri ke Pulau Muna. 
Lihat juga...