Menikmati Sensasi Berendam di Pelabuhan Tanjung Tembaga

PROBOLINGGO — Jika di Surabaya memiliki pelabuhan Tanjung Perak, di Probolinggo juga memiliki pelabuhan yang bersejarah, yaitu Tanjung Tembaga yang pada zaman dahulu digunakan oleh tentara Jepang sebagai tempat pendaratan. Namun pada perkembangannya, pelabuhan yang berada di wilayah Kecamatan Mayangan kota Probolinggo ini menjadi salah satu tempat wisata yang banyak di kunjungi masyarakat.
Airnya yang tenang dan pantainya yang tidak terlalu dalam, membuat tempat ini biasa digunakan untuk berendam maupun berenang dan bermain air oleh para wisatawan. Tidak hanya para remaja yang banyak datang, tetapi juga para orang tua yang membawa serta anak-anaknya untuk bermain air di pelabuhan Tanjung Tembaga.
Tempat ini memiliki pasir berwarna hitam pekat sehingga dari kejauhan air laut di tempat ini terlihat tidak sebening air di pantai yang berpasir putih. Selain berpasir hitam, ditempat ini juga banyak ditemui hewan-hewan laut seperti kerang maupun kepiting kecil (Yuyu).
Erna salah satu pengunjung mengaku cukup sering membawa keluarganya ke pelabuhan Tanjung Tembaga untuk berendam. Menurutnya, konon jika berendam ditempat ini bisa menghilangkan rematik maupun penyakit kulit. 
Ernah menambahkan, selain sore hari, setiap libur akhir pekan Tanjung Tembaga juga ramai dikunjungi wisatawan baik dari warga Probolinggo sendiri maupun dari luar Probolinggo.
Dari pantauan Cendana News, kondisi gelombang air ditempat ini berbeda dengan pantai di tempat lain yang memiliki gelombang air cukup besar, ditempat ini justru air terlihat sangat tenang dan tidak bergelombang sehingga tidak heran jika masyarakat banyak yang memanfaatkannya untuk berendam maupun sekedar bermain air. 

MINGGU, 06 Desember / Jurnalis : Agus Nurchaliq / Foto: Agus Nurchaliq / Editor : ME. Bijo Dirajo
Lihat juga...