Nurdin Halid: Peran Koperasi Penting dalam Perekonomian Indonesia

Seminar Peran Strategis Koperasi dalam Mewujudkan Ketahanan dan Kedaulatan Pangan Nasional di Universitas DR. Soetomo 
SURABAYA — Ketua Umum Dewan Koperasi Indonesia (Dekopin), Nurdin Halid menyebutkan, ada empat hal yang menekankan peran koperasi sangat penting dalam mendukun perekonomian di Indonesia.
Pertama, koperasi merupakan bentuk dari demokrasi ekonomi yang bisa dilakukan oleh seluruh rakyat. Kedua, koperasi bisa menjadi pengamat ekonomi di perekonomian Indonesia. Ketiga, koperasi merupakan bisnis yang paling efisien baik dalam skala kecil dan besar
“Dan yang terakhir koperasi tetap tegak berjuang sebagai pilar negara dan penjaga keutuhan negara,” terangnya di dalam seminar Peran Strategis Koperasi dalam Mewujudkan Ketahanan dan Kedaulatan Pangan Nasional di Universitas DR. Soetomo (Unitomo) Surabaya, Rabu (2/12/2015).
Menurutnya, koperasi sebagai pilar negara, juga berfungsi sebagai organisasi dalam bidang usaha dan koperasi juga sebagai alat revolusi.
“Bung Hatta pernah berkata, koperasi sebagai soko guru perekonomian nasional,” ujarnya.
Hal tersebut menunjukkan pentingnya koperasi, Ia menambahkan koperasi bisa disetarakan dengan UU yang merupakan pilar negara. Peran koperasi Indonesia salah satunya sebagai penyumbang Pendapatan Domestik Bruto (PDB) 1,9 persen.
“Tahun ini, meskipun perkembangan UKM 96,7 persen dan usaha besar 3,3 persen. Namun pemerataan kesejahteraan masih kurang,” tukasnya.
Ia berharap koperasi sebagai salah satu mata kuliah dapat membangun perekonomian nasional, dan sebagai penyokong perekonomian petani, nelayan dan rakyat.
Salah satunya Kopma juga penting sebagai untuk pembelajaran agar mahasiswa mampu berjiwa entreprenur di dalam kampus. Peran mahasiswa juga sangat dibutuhkan dalam meningkatkan perekonomian nasional.
“Karena koperasi untuk kita semua, bukan golongan tertentu,” pungkasnya.
JURNALIS : CHAROLIN PEBRIANTI

Jurnalis Cendana News wilayah Jawa Timur. Gabung dengan Cendana News Mei 2015. 

Akun twitter : @charolineemoo
Editor : ME. Bijo Dirajo / Foto : Charolin Pebrianti
Lihat juga...