Pariwisata di Sulut Perlu Dukungan Transportasi Moderen

Bus moderen [ilustrasi]
MANADO — Pengamat transportasi dan pariwisata yang juga putra kawanua asal Toraja yang sudah lama berdomisili di Sulawesi Utara, Sherly Parinding menyebutkan, jika pariwisata Sulut ingin terus maju dan bersaingan dengan pariwisata di daerah lain, harus memiliki sarana transportasi moderen. Salah satu contohnya dimiliki oleh daerah Kabupaten Tonah Toraja di Sulawesi Selatan.
“Kemajuan sektor pariwisata harus ditunjang banyak hal dan salah satunya adalah sarana transportasi wisata yang moderen, agar bisa memberikan kenyamanan bagi wisatawan yang ingin berkunjung ke Manado Sulut, baik wisatawan lokal maupun mancanegara,” kata Parinding yang ditemui Cendana News di Manado saat menikmati kuliner jagung bakar di kawasan Jalan SH Sarundajang Ring Road pada Minggu (06/12/2015).
Sherlyn Parinding menjelaskan, Kabupaten Tanah Toraja saat ini memiliki bus pariwisata moderen yang dilengkapi dengan sejumlah fasilitas sehingga memberikan kenyamanan bagi penumpang yang naik ke dalam bus itu, termasuk bagi sang supir, sehingga pariwisata di daerah itu makin berkembang dan terus menjadi perhatian Dunia terutama wisatawan yang suka traveling.
“Harusnya Pemerintah daerah juga memperhatikan hal ini agar pariwisata di Sulut tidak berjalan ditempat, karena derah lain sudah terus berkembang dan semakin popular apa lagi ada pengadaan bus baru, dengan dilengkapi sejumlah fasilitas seperti yang ada di Eropa dan Negara asing,” pungkasnya.
Disebutkan, setiap datang di Manado pertumbuhan pariwisata tidak ada perubahan, apa lagi infrastruktur pariwisata yang serba minim dan tidak dilengkapi dengan fasilitas yang memadai, sehingga wisatawan kurang minat untuk bertahan lama di derah ini.
“Untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi dan pendapatan asli daerah di sektor pariwisata Pemerintah daerah harus memiliki kalender iven seperti halnya daerah lain di luar Sulut, dan tidak hanya sebagai slogan semata, yang setiap saat selalu berubah-ubah, sehingga kurang diminati oleh wisatawan yang datang di Manado,” tutupnya.
MINGGU, 06 Desember / Jurnalis : Ishak Kusrant / Foto: Doc Narsum / Editor : ME. Bijo Dirajo 
Lihat juga...