Persembahan Kodam XII Tanjungpura untuk Rakyat pada Peringatan Hari Juang Kartika


KUBU RAYA — Komando Daerah Militer (Kodam) XII/Tanjungpura gelar pameran Alat Utama Sistem Persenjataan (Alutsista). Pameran akan digelar ?selama empat hari, pada Minggu (13/12/2015) hingga Rabu (16/12/2015 bertempat di lapangan Markas Kodam XII/Tanjungpura, Jalan Arteri Alianyang, Kabupaten Kubu Raya, Provinsi Kalimantan Barat.
Kepala Penerangan Kodam (Kapendam) XII/Tanjungpura Kolonel Infanteri Mukhlis, menyebut, pameran  Alutsista  digelar dalam rangka memeriahkan Hari Juang Kartika ke-70 tahun 2015. Menurut Kolonel Mukhlis untuk lebih mendekatkan jalinan TNI – Rakyat, maka tema yang diambil bertajuk “Melalui Hari Juang Kartika Kita Mantapkan Jati Diri TNI AD Dan Kemanunggalan TNI-Rakyat Guna Mewujudkan Indonesia Yang Berdaulat, Mandiri, dan Berkepribadian”.
“Dengan pameran ini, masyarakat semakin merasa cinta dengan TNI. Masyarakat semakin memiliki kebanggaan terhadap TNI,” tegas Kolonel Mukhlis, melalui keterangn resmi pers rilisnya yang diterima di Kota Pontianak, Sabtu 12 Desember 2015.  ?
Mukhlis menerangkan, selain itu pameran digelar sebagai wujud tanggung jawab TNI-AD kepada rakyat. “Sebab, anggaran untuk membeli alutsista TNI-AD diambil dari uang negara dan milik rakyat,” demikian Kolonel Mukhlis menegaskan.
Dikatakan Kapendam, dalam pameran tersebut pengunjung dapat menaiki kendaraan tank dan panser yang dipamerkan, sebagai bukti bahwa TNI selalu dekat dengan rakyat.
Lebih lanjut Mukhlis mengatakan, selain Pameran Alutsista Kodam XII/Tpr juga melakukan pengobatan masal, Donor darah serta operasi sumbing  bibir dan langit-langit. Untuk pengobatan masal bertempat di Kantor Kecamatan Rasau Jaya Kabupaten Kubu Raya yang akan dilaksanakan pada Rabu 16 Desember 2015 pukul 08.00 Wib hingga selesai.
Ia melanjutkan, donor darah dan operasi sumbing bibir dan langit-langit akan dilaksanakan selama tiga hari. Dari 17 hingga 19 Desember 2015 di Rumah Sakit TK II Kartika Husada Jalan Adi Sucipto Sungai Raya.
”Pengobatan masal ini merupakan bentuk pengabdian  TNI AD (Kodam XII/Tanjungpura) kepada masyarakat yang jauh dari rumah sakit maupun dari sarana kesehatan lainnya. Tujuanya untuk mendapatkan pengobatan secara gratis guna meningkatkan derajat kesehatan masyarakat”, jelasnya.
Untuk operasi sumbing bibir dan langit-langit Kodam XII/Tpr bekerja sama dengan Perhimpunan Dokter Spesialis Bedah Plastik Indonesia (Perapi), dan Smile Train Indonesia.
Ia menambahkan, Kodam XII/Tanjungpura pun dalam rangka memperingati Hari Juang Kartika sudah melakukan karya bhakti dan beberapa lomba satuan, Lomba Pembinaan Satuan, Peleton Tangkas dan lain-lain. 
Sabtu, 12 Desember 2014/Jurnalis: Aceng Mukaram/Editor: Sari Puspita Ayu
Sumber foto: Penerangan Komando Daerah Militer (Kodam) XII/Tanjungpura.
Lihat juga...