Persiapan Peringatan 100 Tahun Injil Masuk Sulawesi Tenggara

SELASA, 29 DESEMBER 2015
Jurnalis: Rustam / Editor: Gani Khair / Sumber foto: Rustam

KENDARI—Peringatan 100 tahun injil masuk di Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) atau Jubelium Jazirah Sultra, akan dirayakan pada awal Februari 2016 di Kecamatan Mowewe, Kabupaten Kolaka Timur (Koltim).


Hal ini diungkapkan Rio Randhy Octavianus, Ketua DPD Gerakan Angkatan Muda Kristen Indonesia (GAMKI) Provinsi Sultra kepada Cendana News, Selasa (29/12/2015).
Jubelium Injil akan dilaksanakan di Kecamatan Mowewe yang terletak di Kabupaten Kolaka Timur. Karena berdasarkan sejarah, zending atau penginjil pertama kali menginjakkan kaki di Provinsi Sultra di Kabupaten Kolaka, tepatnya di Mowewe yang sekarang masuk wilayah Koltim setelah pemekaran.
Beberapa utusan negara yang kemungkinan hadir dalam Jubelium 100 tahun Injil masuk di Sultra adalah utusan dari negara Jerman dan Belanda. 
Tujuan kegiatan ini adalah menumbuh kembangkan serta meningkatkan toleransi antar ummat beragama di Indonesia, khususnya di Sultra.
“Mengingat pentingnya acara ini, seluruh pemuda saya minta berperan aktif mensukseskan.  Termasuk dukungan dari teman lainnya yang ingin membantu mensukseskan kegiatan ini,” jelas Rio.
Dalam acara Jubelium 100 tahun Injil Masuk Sultra, GAMKI Sultra rencananya akan mengambil bagian kegiatan napak tilas Injil yang sudah diagendakan oleh panitia.
“GAMKI Sultra mempunyai kerinduan untuk mengambil bagian dalam kegiatan napak tilas. Tapi hal ini tidak terlepas dari dukungan Pengurus DPP GAMKI di Jakarta,” harapnya.
Napak tilas ini akan dimulai dari tiga tempat berbeda, yakni Rate-Rate di Kolaka Timur, Kampung Sanggona Tua yang terletak di perbatasan Kolaka Timur dan Konawe serta dari Kota Kolaka.
“Tiga tim napak tilas ini akan berjalan kaki dari tempat berbeda, kemudian menuju di Mowewe. Jadi ketemunya tiga tim napak tilas di Mowewe dengan menggunakan kostum GAMKI Sultra. Begitu gambaran skenaerio peran GAMKI Sultra, bila mendapat dukungan dana dari DPP GAMKI pusat di Jakarta,” jelas Rio.
Karena pengurus DPD GAMKI Sultra sangat berharap dukungan dari DPP GAMKI pusat di Jakarta. 
Lihat juga...