PLTU Teluk Balikpapan Berfungsi Optimal Januari 2016


BALIKPAPAN—Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) Teluk Balikpapan dijadwalkan sudah berfungsi optimal pada tahun 2016. karena satu mesin dari PLTU Teluk Balikpapan di Kawasan Industri Kariangau berfungsi optimal pada 7 Januari 2016.

Manajer Pembangkitan Sektor Balikpapan PT PLN Wilayah Kalimantan Timur dan Utara Marsudi mengatakan pembangkit listrik di Teluk Balikpapan di Kawasan Industri Karingau ini memiliki daya 2 X 110 Mega Watt (MW).

“Setelah pembangkit satu sudah optimal dan listriknya sudah masuk Sistem Mahakam, baru giliran pembangkit kedua di bulan Juni,” katanya, Kamis (10/12/2015).

Menurutnya, saat ini tengah dilakukan penyesuaian dan penyetelan, tuning dan setting. Untuk pertama ini, satu pembangkit sudah mulai jalan dan sudah bisa menghasilkan listrik hingga 25 MW kemudian akan terus ditingkatkan hingga kemampuan maksimal 110 MW.
Dengan beroperasi PLTU tersebut lanjutnya akan menjawab kekurangan pasokan listrik hingga 50 MW di Sistem Mahakam. “Adanya PLTU ini, bisa membantu melayani distribusi daya listrik untuk puluhan ribu rumah dan ratusan mall yang ada di Kalimantan,” tutur Marsudi.
Sistem Mahakam merupakan jaringan pembangkit dan distribusi listrik yang menghubungkan Kota Balikpapan, Samarinda, Tenggarong, dan Bontang.
PLTU Teluk Balikpapan menggunakan perangkat turbin uap Dongfang. Untuk merebus air di dalam ketel atau boiler guna mendapatkan uap bertekanan tinggi digunakan batubara.
“Kita gunakan batubara dengan kalori 4.000 AR yang kami dapatkan dari Kaltim juga,” ujarnya.
Sedangkan Unit kedua rencananya akan beroperasi pada tahun 2018 mendatang. Nantinya ketika kedua unit itu beroperasi, diproyeksikan akan mengganti pembangkit listrik yang menggunakan bahan bakar solar.


Jum’at, 11 Desember 2015/Jurnalis: Ferry Cahyanti/Editor: Sari Puspita Ayu/Foto: Istimewa
Lihat juga...