Polair Lamsel Siap Kawal Logistik Pemilukada ke Pulau Terluar

Polair Lampung Selatan
LAMPUNG — Satuan polisi perairan (Polair) Kepolisian Resor Lampung Selatan mulai mempersiapkan kapal untuk pendistribusian logistik Pemilihan umum kepala daerah (Pemilukada) ke wilayah pulau terluar. Pulau terluar di Lampung Selatan diantaranya Pulau Sebuku dan Pulau Sebesi. Persiapan yang dilakukan anggota Polair yang bermarkas di Dusun Keramat Desa Sumur Kecamatan Ketapang dilakukan dengan menyiapkan kapal yang bersandar di dermaga Keramat untuk dibawa ke dermaga Boom Kalianda Lampung Selatan.
Menurut Kasatpolair Polres Lampung Selatan Aiptu Baharudin melalui anggotanya, Brigadir Polisi Suyanto menyebutkan, dua unit kapal patroli milik Polair Polres Lampung Selatan dibantu satu unit kapal milik Ditpolair polda Lampung akan mengawal distribusi logistik pemilukada di pulau terluar.
“Kita sudah melakukan persiapan untuk perahu dan kita akan sandarkan perahu di dermaga Boom Kalianda untuk mengangkut logistik pemilukada yang baru akan didistribusikan esok hari,”ungkap Suyanto kepada Cendana News, Minggu (06/12/2015).
Perjalanan menuju dermaga Keramat ke dermaga Boom Kalianda membutuhkan waktu sekitar 45 menit. Sementara untuk perjalanan dari dermaga Boom Kalianda menuju ke Pulau Sebesi yang menjadi daerah terluar di Lampung Selatan membutuhkan waktu hampir 60 menit menggunakan kapal patroli milik Polair Polres Lampung Selatan. Pendistribusian logistik pemilukada di Pulau Sebuku akan dilakukan oleh kapal patroli XXV-1016 milik Polres Lampung Selatan dan untuk Pulau Sebuku menggunakan kapal dari Polda Lampung.
Sebelumnya pendistribusian logistik pemilihan umum kepala daerah (pemilukada) di Lampung Selatan telah dilakukan tahap demi tahap. Tahap pertama pendistribusian logistik pemilu yang dilakukan menggunakan kendaraan dengan pengawalan ketat personil Polres Lampung Selatan bahkan telah menjangkau sebanyak 17 kecamatan di Lampung Selatan.
Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Lampung Selatan Abdul Hafizd menyebutkan, tahapan akhir untuk persiapan pemilihan umum kepala daerah tersebut dilakukan dengan pendistribusian di wilayah yang bisa terjangkau menggunakan kendaraan darat dan cukup terpencil. Berbeda dengan wilayah lain yang bisa dijangkau dengan kendaraan darat, salah satu wilayah di Lampung Selatan yang berada di kepulauan yakni wilayah Pulau Sebesi dan Pulau Sebuku.
“Karena lokasinya berbeda dengan wilayah lain dan Pulau Sebesi merupakan wilayan yang ada di Kecamatan Rajabasa dan harus menggunakan kapal laut maka pendistribusian belum bisa dilakukan saat ini,”ungkapnya.
Wilayah Pulau Sebuku dan Pulau Sebesi yang berada di Desa Tejang Pulau Sebesi merupakan wilayah yang harus mendapat perhatian ekstra karena jauh dari wilayah daratan Lampung Selatan dan Pulau Sumatera. Wilayah tersebut menurut KPU Lampung Selatan mendapat perhatian khusus karena menjadi salah satu wilayah di Lampung Selatan yang jauh.
Meski belum ditentukan kapan pendistribusian logistik ke Pulau Sebesi, namun Abdul Hafizd mengungkapkan, pendistribusian logistik pemilukada di Lampung Selatan dipastikan selesai pada (7/12) mendatang. Tahapan persiapan akhir telah dilalui KPU Lampung Selatan dalam rangka mengelar Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) yang akan digelar di Lamsel pada 9 Desembar mendatang.
Ketua KPU Lamsel Abdul Hafizd mengatakan, 1.737 kotak suara sudah distribusikan ke setiap Tempat Pemungutan suara (TPS) yang tersebar diseluruh kecamatan yang berada di Kabupaten Lampung Selatan.
MINGGU, 06 Desember / Jurnalis : Henk Widi / Foto: Henk Widi / Editor : ME. Bijo Dirajo
Lihat juga...