Polda DIY: SIM Online Diharapakan Tekan Praktik Percaloan

Warga NTT tunjukkan hasil SIM online
YOGYAKARTA — Memberikan kemudahan kepada masyarakat dan menghindari praktek percaloan, pelayanan perpanjangan Surat Izin Mengemudi (SIM) Online diluncurkan di beberapa daerah di Indonesia, salah satunya di Ibukota DI Yogyakarta. Hal ini ditujukan untuk masyarakat luar daerah bisa memperpanjang di tempat dia berdomisili.
Kapolda DIY, Brigjen Pol Erwin Triwanto menyebutkan,  pelayanan perpanjangan SIM Online di wilayah Yogyakarta yang terintegrasi di 48 lokasi di seluruh Indonesia. Peluang terjadinya percaloan yang bisa menimbulkan praktik suap bisa dicegah. Selain itu, layanan online juga akan mempermudah masyarakat, terlebih di Yogyakarta yang banyak terdapat warga dan pelajar dari luar daerah. Namun demikian, layanan SIM Online ini hanya melayani perpanjangan SIM sehingga dirasa tidak perlu diadakan test mengemudi. 
“Kecuali SIM yang terlambat lebih dari tiga bulan, tidak bisa diperpanjang dan harus membuat SIM baru”, katanya saat peluncuran SIM Online di perempatan Tugu Pal Putih Yogyakarta, Minggu (06/12/2015).
Sementara itu, Dirlantas Polda DIY, Kombes Pol Tulus Ikhlas Pamodji mengatakan, selain di Polres dan Polresta, masyarakat juga nantinya juga bisa mengakses layanan SIM Keliling dan Samsat Keliling. 
Tak kurang dari 10 mobil siap melayani masyarakat di lima kabupaten kota DIY, terbagi menjadi lima mobil SIM Keliling dan 5 Samsat Keliling dan salah satu dari mobil tersebut datanya terintgrasi dengan 48 satpas sehingga masyarakat luar daerah bisa semakin mudah melakukan perpanjangan SIM. 
Warga mengantri perpanjangan SIM Online
MINGGU, 06 Desember / Jurnalis : Koko Triarko / Foto: Koko Triarko / Editor : ME. Bijo Dirajo 
Lihat juga...