Polda Sulut Menetapkan Status Siaga 1 Untuk Malam Tahun Baru di Manado

RABU, 30 DESEMBER 2015
Jurnalis: Ishak Kusrant / Editor: Sari Puspita Ayu / Sumber foto: Ishak Kusrant

MANADO—Kepolisian Daerah Sulawesi Utara (Polda Sulut) menetapkan status Siaga 1 untuk malam pergantian Tahun Baru 2016 di Manado. Hal ini dilakukan menyusul adanya ancaman gangguan keamanan dari kelompok radikal terhadap warga di Manado yang akan melakuan pesta pergantian tahun.

 suasana gelar pasukan

Kapolda Sulut Brigjen Pol Wilmar Marpaung menegaskan, Status siaga 1 akan diberlakukan sampai melihat kondisi keamanan mulai stabil, karena sampai saat ini informasi dan perintah dari Mabes Polri tentang kelompok radikal dan jaringan terorisme masih mengancam daerah ini sehingga pihak keamanan harus bisa siap siaga untuk mengantisipasi kemungkinan buruk terjadi terutama di malam pergantian tahun baru. 
“Kita menurunkan 3000 personil dan telah disebar di seluruh daerah yang rawan, terutama di pusat keramaian,” kata mantan Kapolresta Bitung kepada Cendana News pada Rabu (30/12/2015).
Selain itu, Marpaung menegaskan untuk mengamankan malam pergantian tahun baru nanti, hari ini, Rabu (30/12/2015) melaksanakan gelar pasukan pengaman untuk memberikan intruksi kepada seluruh anggota agar tetap siaga dan mengamankan wilayah masing-masing agar tidak kecolongan.
“Saya telah intruksikan kepada semua Kapolres dan Kapolsek untuk melakukan razia kepada kendaraan yang masuk ke kota Manado terutama di daerah perbatasan, dan jika ada warga yang dicurigai segera diamankan,” tegas Kapolda.
Marpaung menambahkan, meski ditetapkan status Siaga 1 namun hingga saat ini kondisi keamanan masih tetap kondusif dan aktivitas warga tetap berjalan dengan normal seperti biasa.
Lihat juga...