Program PMKS NTB Belum Mampu Turunkan Angka Kemiskinan

Puluhan penyandang masalah kesejahteraan sosial PSKW saat mengikuti kegiatan pembelajaran iqra di pantai sosial Budi Rhini NTB
MATARAM — Keberadaan program penanganan Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS) pada Dinas Sosial Kependudukan dan Catatan Sipil Nusa Tenggara Barat sampai sekarang belum sepenuhnya mampu berkontribusi bagi penurunan angka kemiskinan.
Mengingat program PMKS sendiri sasarannya merupakan masyarakat miskin seperti anak jalanan, gembel, pengemis dan lainnya yang anggarannya bersumber dari APBD maupun APBN.
Kepala Dinas Sosial NTB, Husni Thamrin mengatakan, output dari program penanganan PMKS hasilnya memang tidak bisa dilihat dalam waktu dekat, tapi butuh proses lama.
“Hasil program tersebut terutama kontribusi terhadap penurunan angka kemiskinan butuh proses, karena sifatnya pembinaan,” kata Husni di Mataram, Selasa (8/12/2015)
Dikatakan, dalam upaya menanganani masalah PMKS di NTB selain melakukan penindakan, juga melakukan pembinaan yang diharapkan hasilnya bisa berdampak positif secara berkelanjutan bagi PMKS, melalui pemberian keterampilan dan memberikan bantuan bagi kelompok usaha baru.
Ia mengatakan, selain itu untuk melakukan penanganan program PMKS supaya bisa berkontribusi bagi penurunan angka kemiskinan tanggung jawabnya juga ada di SKPD lain termasuk peran serta kelompok masyarakat sipil lain.
SELASA, 08 Desember / Jurnalis : Turmuzi / Foto: Turmuzi / Editor : ME. Bijo Dirajo 
Lihat juga...