Puncak Peringatan Hari Juang Kartika di Kodam XII Tangjungpura

Selasa, 15 Desember 2015 / Jurnalis: Aceng Mukaram / Editor: Gani Khair


KUBU RAYA — Komando Daerah Militer (Kodam) XII/Tanjungpura merayakan Hari Juang Kartika ke 70, pada 15 Desember 2015. Pusat kegiatan itu di lapangan upacara Makodam XII/Tanjungpura  Jalan Arteri Ali Anyang No. 1 Kabupaten Kubu Raya, Provinsi Kalimantan Barat. 
“Ucapan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya khusus diberikan kepada para prajurit TNI AD, yang telah  membantu  pengamanan pelaksanaan Pilkada Serentak pada tanggal 9 Desember yang lalu. seraya tetap mengedepankan prinsip netralitas TNI,” kata Kasad dalam amanatnya yang dibacakan oleh Panglima Daerah Militer XII/Tanjungpura Mayor Jenderal TNI Toto R Soedjiman selaku inspektur upacara.

Menurutnya, Hari Juang Kartika ini untuk mengenang pertempuran Ambarawa yang sebelumnya bernama Hari Infanteri. Hari khusus bagi TNI AD ini sangat diperlukan sebagai wahana untuk melestarikan nilai-nilai kejuangan yang telah dimiliki dan dilaksanakan oleh TNI AD. Upacara parade dan defile dilanjutkan pertunjukan marching band  SMA Bhayangkari Sungai Raya, dan Yong Moo Do prajurit Kodam XII/Tanjungpura.
“Pilkada Serentak yang berlangsung di hampir sebagian besar wilayah di tanah air kita, telah selesai dengan aman, tertib dan demokratis. Keberhasilan  penyelenggaraan Pilkada Serentak ini juga menunjukkan bahwa masyarakat Indonesia  telah semakin matang dalam berdemokrasi, serta memiliki kepedulian yang tinggi untuk bersama-sama memelihara dan menjaga stabilitas keamanan di seluruh wilayah tanah air,” ujar Jenderal bintang dua ini melalui keterangan resmi pers rilisnya yang diterima di Kota Pontianak.

Ia berharap kepada seluruh prajurit Kodam XII/Tanjungpura jangan sekali-kali menyakiti hati rakyat. Prajurit Kodam XII/Tanjungpura harus dapat menjadi contoh di tengah-tengah masyarakat dan jangan tampilkan hal-hal negatif berupa pelanggaran di mata masyarakat
“Untuk itu jadikan momentum Peringatan Hari Juang Kartika ini sebagai evaluasi bagi kita. Untuk senantiasa menjadi prajurit yang profesional dan dicintai rakyat serta selalu memberikan yang terbaik kepada bangsa dan Negara,” tegasnya.
Ia mengakhiri dengan menyerukan agar seluruh prajurit senantiasa melakukan berbagai kegiatan yang dapat mempelopori serta dapat membantu mengatasi kesulitan rakyat di wilayah masing-masing.

Sumber foto: Penerangan Komando Daerah Militer (Kodam) XII/Tanjungpura.

Lihat juga...