Rapat Pleno Rekapitulasi Penghitungan Suara KPU Balikpapan Dijaga Ketat

Kamis, 17 Desember 2015 / Jurnalis: Ferry Cahyanti / Editor: Gani Khair


BALIKPAPAN—Penjagaan ketat dilakukan pihak kepolisian pada Rapat Pleno Komisi Pemilihan Umum (KPU) Balikpapan. Penetapan rekapitulasi penghitungan suara dalam pemilihan Walikota dan Wakil Walikota 2015 di hotel Sagita Balikpapan, hari ini, Kamis (16/12/205).  Watercanon juga disiagakan di depan hotel untuk mengantispasi segala hal yang dapat mengganggu jalannya pleno. 

Pembukaan rapat pleno dilakukan oleh Ketua KPU Balikpapan Noor Thoha. Dalam sambutannya Thoha mngatakan pleno ini akan menjadi dasar penyelenggara untuk menetapkan calon terpilih Wali kota dan wakil walikota. 
“Kami juga mohon maaf jika dalam pelaksanaan terdapat kekurangan- kekurangan,” katanya, Rabu (16/12/2015).
Ia menjelaskan setelah penetapan suara akan ada waktu tiga hari yakni tanggal 17-18 dan 19 Desember 2015 untuk melakukan sanggahan.

“Kalau tidak ada sanggahan kita tetapkan lagi didalam pleno pemenang Pilkada Balikpapan atas dasar dari hasil pleno penetapan penghitungan suara. Tapi kalau ada sanggahan dan gugatan ke MK maka kita tunggu sampai ada putusan. Kalau ngikut jadwalnya sampai Maret 2016,” terangnya.

Selanjutnya, ditetapkan sebagai calon terpilih. Dan berdasarkan jadwal pelantikan akan dilakukan pada Juni 2016 secara serentak.
Sementara itu, penjagaan ketat sudah terlihat di sekitar hotel. Meski terbuka namun tanpa undangan tidak dapat masuk. Di pintu masuk hotel sudah berjaga enam petugas yang melakukan pemeriksaan bagi tamu yang hadir. 
Pada tamu undangan tampak hadir Forum Komunikasi Pimpinan Daerah, Panwaslu, Saksi, Timses Paslon, Camat, Lurah dan Panitia Pemungutan Suara (PPS), Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) serta undangan lainnya.

Sumber foto: Ferry Cahyanti

Lihat juga...