Ratusan Personil Polres Lampung Selatan Amankan Kepulangan HMI

Penjagaan di Bakauheni

LAMPUNG — Ratusan mahasiswa yang tergabung dalam Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) bertolak ke Pelabuhan Bakauheni Lampung Selatan, Provinsi Lampung  setelah melakukan kongres di Pekanbaru, Riau. Untuk mengamankan kepulangan para mahasiswa ini, Polres Lampung Selatan menyiagakan 226 personil di pintu masuk Pelabuhan Bakauheni tepat di depan Kepolisian Sektor Kawasan Pelabuhan (KSKP) Bakauheni.
“Kami siapkan pengamanan untuk memperlancar kepulangan mahasiswa HMI. Ada ratusan personel  kepolisian disiagakan,” kata Kapolsek KSKP Bakauheni, Ferya Kurniawan kepada Cendana News, Rabu (02/12/2015).
Disebutkan, rombongan pertama menggunakan sekitar 6 bus dan diperkirakan ada puluhan kendaraan yang masih melakukan perjalanan ke arah Bakauheni Lampung. Rombongan kendaraan bus yang membawa mahasiswa HMI tersebut dikawal oleh polisi secara estafet dan terakhir dikawal oleh Polda Riau, Polda Sumatera Selatan dan Polda Lampung.
Sesampainya di Pelabuhan Bakauheni, polisi melakukan pemeriksaan setiap kendaraan yang membawa mahasiswa HMI kemudian dilakukan pencatatan kendaraan. Setelah dilakukan pemeriksaan sebanyak 6 kendaraan bus rombongan HMI naik menggunakan kapal Roro di dermaga satu dan dermaga tiga.
“Massa mahasiswa HMI berjumlah kurang lebih 540 orang dan akan diberangkatkan menuju wilayah timur dengan menggunakan kapal KM Tidar sementara jika melalui pelabuhan Bakauheni menggunakan kapal Roro”,ungkap AKP Ferya Kurniawan.
Untuk bersiap melakukan pengamanan, aparat Polres Lampung Selatan yang berjaga di KSKP Bakauheni  terlebih dahulu diberikan arahan oleh kapolres terkait cara bertindak yang harus dilakukan aparat dalam kegiatan ini. Massa HMI untuk kelompok pertama tiba di Bakauheni sekitar jam 23:00 WIB. Selanjutnya setelah menempuh perjalanan menggunakan kapal roro massa HMI melanjutkan perjalanan ke Tanjung Priok melalui jalur darat dikawal Polda Banten.
Pantauan Cendana News, kendaraan patroli polisi dari Polres Lampung Selatan berjaga di pintu masuk Pelabuhan Bakauheni dan di perempatan arah Jalan Lintas Timur Lampung. Pengamanan tersebut dilakukan hingga seluruh kendaraan mahasiswa HMI pulang yang diperkirakan masih sekitar 23  bus yang masih dalam perjalanan ke arah Bakauheni menggunakan jalur darat.
Aparat jaga pelabuhan
JURNALIS : HENK WIDI

Bergabung dengan Cendana News pada bulan November 2014. Dengan latar belakang sebagai Jurnalis lepas di beberapa media dan backpacker, diawal bergabung dengan Cendana News, Henk Widi fokus pada pemberitaan wisata dan kearifan lokal di wilayah Lampung dan sekitarnya.

Twitter: @Henk_Widi
Editor : ME. Bijo Dirajo / Fotografer : Henk Widi
Lihat juga...