Struktur Tanah Uruk Berpasir Di Guntur Macan Penyebab Rawan Longsor

SELASA, 22 DESEMBER 2015
Jurnalis: Turmuzi / Editor: Sari Puspita Ayu / Sumber foto: Turmuzi
LOMBOK BARAT—Kepala Seksi Penanggulanganan Bencana Dinas Sosial Kabupaten Lombok Barat (Lobar) Nusa Tenggara Barat (NTB), H. Zakaki menyebutkan, bencana longsor sewaktu-waktu bisa terjadi kembali dan mengancam ratusan kepala keluarga di Desa Guntur Macan, Kecamatan Gunung Sari, Kabupaten Lobar sebagaimana yang terjadi beberapa hari lalu.


“Bencana longsor di kawasan pegunungan yang mengitari Desa Guntur Macan sewaktu-waktu bisa saja terjadi dan mengancam keselamatan warga yang tinggal di sekitar kawasan pegunungan setempat” kata Zakaki, di Lobar (Lombok Barat), Selasa (22/12/2015).
Menurutnya, struktur tanah pegunungan yang merupakan tanah uruk berpasir ditambah curah hujan turun tinggi, mengakibatkan tanah pegunungan sangat mudah longsor dan terkikis air, karena pohon penyangga di kawasan hutan, akarnya tidak memiliki pegangan kuat seperti struktur tanah lain
Untuk itulah, cara paling mungkin dilakukan untuk menghindari kemungkinan bencana longsor kembali terjadi dengan meningkatkan kewaspadaan dini warga saat hujan lebat terjadi seperti beberapa hari lalu
“Ketika curah hujan turun sudah terlalu lebat seperti beberapa hari lalu, apalagi disertai angin kencang, warga diharapkan bisa segera menepi dari permikiman sementara waktu demi keselamatan dan mengantisipasi hal tidak diinginkan kembali terjadi” terangnya.
Lebih lanjut Zakaki menambahkan, selain itu untuk memudahkan warga mendeteksi bencana, pihak Badan Penanggulanganan Bencana Daerah Kabupaten Lobar juga akan memasang plang peringatan di daerah yang rawan bencana longsor.
Lihat juga...