Terjangan Angin Merobohkan Rumah Warga di Kalianda

Kamis, 17 Desember 2015 / Jurnalis: Henk Widi / Editor: Sari Puspita Ayu


LAMPUNG- Cuaca ekstrim yang melanda wilayah Lampung terutama di wilayah Lampung Selatan Provinsi Lampung telah mengakibatkan sejumlah pohon tumbang, longsor serta rumah warga roboh diterjang angin puting beliung. 
Hujan disertai angin kencang dari arah perairan Selat Sunda yang berhembus menuju daratan Kabupaten Lampung Selatan  mengakibatkan sejumlah pohon di Jalan Lintas Sumatera tumbang dan mengganggu lalulintas dari arah Bandarlampung menuju Pelabuhan Bakauheni.
Sebuah pohon tumbang akibat hujan lebat dan angin kencang yang terjadi dini hari Kamis (17/12/2015) melintang di tengah jalan dan sempat mengakibatkan kemacetan selama beberapa menit. Warga Desa Sukabaru Kecamatan Penengahan Lampung Selatan dibantu petugas polisi dari Polsek Penengahan melakukan pemotongan dahan pohon waru serta menyingkirkan ke tepi jalan untuk memperlancar arus lalulintas.
“Pohon tumbang dekat dengan tempat penimbangan kendaraan sehingga para pengurus truk segera memotong pohon yang ambruk di tengah jalan sebab bisa menimbulkan kemacetan panjang,”ungkap Solihin kepada Cendana News Kamis (17/12/2015)
Selain pohon tumbang akibat hujan dan angin kencang jalan menuju Desa Sidoluhur Kecamatan Ketapang pun sempat mengalami longsor. Tanah labil yang tergerus air hujan bahkan sempat menutupi badan jalan yang menjadi jalan bagi warga untuk melakukan aktifitas menuju pasar Bakauheni.
Beberapa meter talud penahan tanah di sepanjang jalan masuk ke Desa Sidoluhur sempat tergerus dan beberapa batu penyangga talud sempat menutupi jalan. Warga segera melakukan gotong royong menyingkirkan material longsoran serta batu batu yang berada di tengah jalan.
Selain pohon tumbang, tanah longsor  akibat cuaca ekstrim angin kencang di wilayah Lampung Selatan sebuah rumah milik warga menjadi korban. Selain diduga faktor usia  bangunan yang sudah cukup  tua, ditambah terjangan angin kencang, mengakibatkan rumah milik Janim (53) roboh rata dengan tanah, Kamis dini hari.
Rumah Janim yang berada di Jalan Kesuma Bangsa Kelurahan Kalianda tersebut ambruk sekitar pukul 02.45 WIB. Peristiwa ambruknya rumah Janim sempat mengagetkan warga lain yang sudah tidur dan langsung melihat rumah yang roboh akibat terjangan angin. Salah seorang warga yang Cendana News temu,  Ahmad, mengungkapkan robohnya  rumah yang dihuni oleh  Janim terjadi secara tiba-tiba dan sangat mengejutkan seluruh warga yang tinggal berdekatan dengan rumah korban.
Janim mengaku pasrah dengan musibah yang menimpanya. Akibat rumah roboh tersebut barang barang yang masih berada di dalam rumahnya belum berhasil diselamatkan menunggu bantuan warga yang akan bergotong royong membantunya. Ia juga berharap pemerintah setempat membantu dirinya yang tertimpa musibah.
Sumber foto: Henk Widi
Lihat juga...