hut

Sate Pokea, Sate Kerang Air Tawar Khas Kampung Pohara

MINGGU, 17 JANUARI 2016
Jurnalis: Rustam / Editor: Gani Khair / Sumber foto: Rustam

KENDARI—Kerang, lazimnya masuk kategori seafood (makanan berbahan binatang laut) tetapi di Sulawesi Tenggara, tepatnya di Kampung Pohara yang terletak di Kecamatan Sampara, Kabupaten Konawe, sejak tahun 1980 dikenal sebagai produsen sate pokea. Pokea itu sendiri adalah kerang air tawar. Bentuknya pipih, dagingnya berwarna putih. 

Sate Pokea dan mandura


Pokea diperoleh dari Sungai Pohara yang mengalir dari hulu Rawa Aopa dan bermuara di Teluk Batu Gong yang terletak di Kecamatan Lalonggasu Meeto, Kabupaten Konawe. Banyak jenis olahan dengan bahan kerang air tawar ini tetapi yang membuat Kampung Pohara terkenal adalah sate pokea. 
Untuk menuju kampung ini sangat mudah dan jaraknya tidak jauh dari Kota Kendari. Dari Kendari menuju ke Kampung Pohara melewati jalan menuju Kabupaten Kolaka Timur dan Kolaka. Dari pusat Ibukota Kendari jaraknya hanya sekitar 20 Km, dengan waktu tempuh paling lama 30 menit. Setelah menempuh perjalanan sekitar 30 menit, akan ditemui jembatan besi pertama. 
Sebelum masuk di jembatan besi yang dibangun sekitar tahun 1970-an ini, akan ditemukan tempat istirahat yang ramai disinggahi. Di tempat inilah orang banyak singgah menikmati wisata kuliner, sate pokea. Sate ini dihidangkan dengan gogos atau mandura. 

Salah satu rumah makan yang menyajikan Sate Pokea


Cara membuat sate pokea, prinsipnya sama dengan membuat sate ayam atau sate daging. Bumbu utamanya kacang tanah yang dihaluskan.
Sedangkan gogos terbuat dari ketan yang dibungkus daun pisang lalu dibakar. Sementara mandura, terbuat dari beras yang dibungkus lalu dimasak. Jika di Pulau Jawa, orang menyebutnya lontong. Sedang orang Kendari menyebutnya mandura.
Mengenai harga sangat murah. Untuk sate pokea, harganya Rp 1.000 per tusuk. Demikian pula gogos atau mandura harganya sama. 
Nah tunggu apalagi. Ayo ke Kendari menikmati wisata lidah sate pokea yang sudah terkenal sejak era 80-an ini. Sebagai catatan, sate pokea ini menjadi salah satu sumber mata pencaharian masyarakat di Kampung Pohara, sehingga nama nama kampung ini diplesetkan menjadi Pohara adalah Pokea Harapan Rakyat. 
Lihat juga...