hut

Teh Jamur Ling Zhie, Nikmat dan Mampu Mengurangi Kecanduan Narkotika

JUMAT, 29 JANUARI 2019
Jurnalis : Koko Triarko / Editor: Gani Khair / Sumber foto : Koko Triarko

YOGYAKARTA—Selama ini, jamur ling zhie dikenal sebagai campuran ramuan jamu. Rasanya teramat pahit dan getir. Jamur berwarna coklat dan keras tersebut sementara ini belum ada yang bisa mengolahnya sebagai jenis makanan seperti jamur tiram, jamur kuping dan lainnya. Namun, upaya kreasi untuk membuat jamur ling zhie agar bisa lebih banyak dikonsumsi tetap ada. Salah satunya dengan membuatnya sebagai teh celup.

Jamur Ling Zhie

Adalah Sumedi Purbo, warga desa Umbulharjo, Cangkringan, Sleman, Yogyakarta, dengan upaya yang ulet mampu membuat beragam minuman berbahan jamu ling zhie seperti sirup dan teh. Sumedi bahkan berinisiatif membuat jamu itu dalam bentuk kapsul, agar masyarakat lebih mudah mengkonsumsi jamu berkhasiat tinggi tersebut tanpa merasakan rasa pahit dan getirnya.
Ditemui di kediamannya, Jumat (29/1/2016), Sumedi mengatakan, sudah sejak tahun 2010 ia mulai mengembangkan berbagai macam minuman olahan jamur ling zhie. Motif utamanya saat itu, karena melihat nilai jual jamur ling zhie yang lebih mahal dibanding jamur lainnya dan khasiat herbalnya yang sangat tinggi. 
Jamur Ling Zhie
Namun karena rasanya yang teramat pahit, membuat jamur tersebut hanya dikonsumsi sebagai jamu, sehingga penjualannya menjadi terbatas. Maka, Sumedi berinisiatif mengkreasikannya menjadi beragam produk makanan.
Sumedi mengawali uji coba membuat teh dari jamur ling zhie dengan melibatkan Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Yogyakarta, untuk memastikan faktor keamanan dan khasiatnya. Dan, caranya pun ternyata cukup mudah. Jamur ling zhie yang sudah benar-benar kering digiling sampai lembut. Lalu, dioven selama 8 jam dan sudah itu diangin-anginkan. Setelah dingin, jamur ling zhie yang sudah lembut itu siap dikemas menjadi teh celup. 
Jamur Ling Zhie
Sumedi menjualnya dalam kemasan kotak berisi 15 sachet atau bungkus teh seharga Rp. 35.000.
Teh jamur ling zhie buatan Sumedi juga sudah merambah pasar industri herbal di luar daerah seperti Sumatera, Kalimantan, dan Bali. Dari hasil kajian, kata Sumedi, teh jamur ling zhie berkhasiat banyak untuk kesehatan. Antara lain, anti virus, menyembuhkan bronkitis dan mampu mengurangi kecanduan narkotika. 
Lihat juga...