Poktan “Nukus Food Nusa Indah” Hadirkan Minuman Sehat Organik

MINGGU, 7 FEBRUARI 2016
Jurnalis: Agus Nurchaliq / Editor : ME. Bijo Dirajo / Sumber foto: Agus Nurchaliq

MALANG — Berbagai jenis sirup dan minuman sehat organik mampu diproduksi salah satu kelompok tani (Poktan) “Nukus Food Nusa Indah” Malang.
Minuman sehat organik
Rachmada Ningsih salah satu anggota kelompok tani yang menangani bagian produksi menjelaskan, kelompok tani ini sudah mulai memproduksi minuman sehat organik sejak tahun 2000. 
“Setelah mendapatkan pelatihan dari Dinas Pertanian kota Malang, kami bersama dengan kelompok tani mencoba untuk membuat minuman sehat organik,”jelasnya saat ditemui di Pasar Tani, Minggu (7/2/2016).
Berbagai jenis sirup dan minuman yang diproduksi kelompok tani Nukus Food Nusa Indah, diantaranya minuman Rosella, Blimbing sayur, dan Jasenda yang baik untuk kesehatan tubuh.
Untuk memastikan tanaman yang digunakan sebagai minuman benar-benar organik dan bebas dari pestisida, ia mengambil tanaman yang berasal dari 25 anggota kelompok taninya.
“Tanaman kita ambil langsung dari tiap anggota kelompok tani yang tanamannya benar-benar dirawat secara organik. Kalau beli dari pasar belum tentu organik,”terangnya.
Rachma menambahkan, selain terbuat dari bahan organik, minuman sehat yang mereka produksi juga tanpa bahan pengawet. Agar minumannya bisa bertahan lama digunakan alat penyinaran yang berfungsi mengawetkan minuman dari bantuan mahasiswa Universitas Brawijaya (UB).
“Sebelum dapat bantuan alat dari mahasiswa UB, minumannya hanya bertahan selama sehari. Tapi setelah menggunakan alat tersebut, minuman yang kami produksi bisa bertahan selama 10 hari,”ungkapnya.
Untuk pemasarannya, Rachma mengaku banyak di bantu oleh mahasiswa. Selain mahasiswa dari UB, juga ada dari Universitas Merdeka dan Universitas Muhammadiyah Malang.
“Minuman kami juga biasa jadi langganan saat ada rapat-rapat di balaikota,”ucapnya. Untuk harga sebotol sirup kami beri harga Rp. 25.000,-, sedangkan harga segelas minuman hanya Rp.2.500,-, pungkasnya.
Lihat juga...