hut

Soto Tasik Kalianda Rujukan Tepat Pemburu Kuliner

SABTU, 20 FEBRUARI 2016
Jurnalis: Henk Widi / Editor: Gani Khair / Sumber foto: Henk Widi

LAMPUNG—Setiap daerah memililiki makanan khas atau sajian kuliner yang istimewa sehingga jika ada kesempatan tak salah jika mencicipi atau merasakan setiap melakukan kunjungan ke setiap daerah. Namun meski tidak mengunjungi suatu daerah kini hadir beragam sajian kuliner dari beberapa daerah yang mulai merambah ke beberapa wilayah di Indonesia tentunya dengan peracik atau pembuat kuliner dari daerah asli tersebut.


Salah satu sajian khas dari Tasikmalaya Jawa Barat yang bisa dijumpai di Kalianda, ibukota Lampung Selatan adalah soto Tasik Dua Saudara. Berada di bilangan Jalan Kesuma Bangsa yang merupakan jalan utama di kota Kalianda penghubung pesisir dan beberapa wilayah di Lampung Selatan, warung makan Dua Saudara terlihat sederhana. Bertempat di sebuah warung sederhan dipadu dengan kekhasan warung pinggir jalan dengan tenda, warung ini sering ramai dikunjungi terutama saat akhir pekan.
Salah satu menu khas yang disajikan di warung makan Dua Saudara khas Tasik adalah soto daging. Soto pada umumnya merupakan menu hidangan yang menggunakan daging ayam sebagai bahan utama pembuatannya. Namun di warung Dua Sudara khas Tasik yang dijumpai di Lampung ini, soto tersebut menggunakan daging, tulang, kulit serta beberapa bagian dalam daging sapi diantaranya jeroan, hati dan lemak.
“Soto dengan bahan baku utama daging memang tak asing di telinga masyarakat tapi warung Dua Saudara selalu ramai dikunjungi karena keistimewaan cita rasa dan tentunya lokasi yang strategis,”ungkap kang Mamat salah satu pengelola warung Dua Saudara tersebut kepada Cendana News, Sabtu (20/2/2016).
Warung yang buka setiap sore hingga malam dan buka di pagi hari hingga siang hari dengan tanpa tenda tersebut dengan menjual kuliner masakan lain selalu diminati pelangggan. Kang Mamat mengungkapkan soto merupakan salah satu sajian kuliner tradisional khas yang ada di sejumlah tempat di Indonesia dengan ciri khas masakan kaya rempah. Sajian khas soto tak ayal selalu menjadi sajian yang sangat menggoyang lidah terutama dalam suasana musim penghujan yang dingin.
“Daging sapi selain lebih diminati juga memiliki manfaat untuk meningkatkan kekebalan tubuh, selain itu tetunya bermacam vitamin dan protein hewani dan ditambah dengan bumbu dan rempah rempah sangat cocok disantap saat musim penghujan ini,”ungkap Kang Mamat.
Keistimewaan Soto Dua Saudara di Kalianda ini diantaranya pengunjung bisa memilih sendiri bagian daging sapi yang hendak disantap. Pemilik warung telah menyiapkan baskom berisi daging sapi yang sudah direbus lengkap dengan kulit, jeroan, daging, tulang, lemak serta bagian lain daging sapi yang disukai sebagai bahan soto.
“Kalau saya menyukai daging dan kulit kemudian ditambah dengan sambal serta kerupuk yang tentunya sangat pas disantap bersama keluarga yang saya ajak serta ke sini,”ungkap Agung, salah satu pelanggan warung soto Tasik tersebut.
Agung memgaku, ia pernah tinggal di Jawa Barat dan merindukan menikmati sajian kuliner khas Tasik diantaranya soto daging. Beruntung ia masih bisa menjumpainya di Kalianda sehingga bisa menikmatinya bersama keluarga. Sajian soto daging lengkap dengan kuah yang kental, rasa rempah yang khas membuatnya menyukai menikmati kuliner khas Tasik tersebut.
“Harganya pun di kisaran Rp20ribu ke atas dan tentunya tidak menguras kantong terutama di pertengahan bulan dan cocok untuk berburu kuliner saat musim penghujan agar bisa menjaga stamina tubuh,”ujar Agung.
Kelezatan soto daging khas Tasik yang ditekuni keluarga Kang Mamat tersebut tak jauh berbeda dengan resep soto daging lainnya. Selain warga biasa beberapa pejabat bahkan tak segan mampir di warung sederhana miliknya yang menyajikan sajian soto daging khas Tasik. Ia pun tak berkeberatan membagikan resep soto daging lezat yang dibuatnya sehingga pengunjung yang ingin berkreasi bisa langsung praktek di rumah.
Resep soto daging sapiyang mudah diterapkan di rumah selain mudah dan bisa mendapatkan bahannya di rumah tentunya bisa menambah porsi makan tanpa harus menambah pengeluaran di warung.
Berikut resep soto daging sapi yang bisa dicoba di rumah.
Bahan:
. 500 gram daging sapi
. 2 liter air
. 10 lembar daun salam
. 3 lembar daun jeruk purut
. 3 lembar daun salam
. 4 siung bawang putih,iris tipis, goreng kering
. 2 batang serai, ambil bagian putihnya dan memarkan 
. 2 cm lengkuas, dimemarkan
. 2 cm jahe, dimemarkan
. 2 batang daun bawang, potong 3-4 cm
. 200 gram taoge
. Minyak goreng secukupnya
Bumbu Halus:
. 4 siung bawang putih
. 8 siung bawang merah
. 2 sendok teh ketumbar
. 1/2 sendok teh garam
. 1/2 sendok teh merica bubuk
. Bahan pelengkap diantaranya: 
– Bawang merah goreng
– 2 batang daun seledri, iris tipis
– 1 buah jeruk nipis, potong beberapa bagian
– Sambal cabai rawit rebus
Cara Memasak:
1. Cuci bersih daging sapi. Rebus sampai empuk dan matang. kemudian dingingkan
2. Ketika daging sudah dingin, potong potong sesuai selera atau bisa seukuran 3-4 cm
3. Setelah itu masukkan dalam kuah kaldu
4. Panaskan minyak, tumis bumbu halus dan tambahkan lengkuas, daun salam, jahe, daun jeruk dan serai sampai tercium harumnya
5. Masukkan bumbu yang sudah ditumis ke dalam kuah kaldu. Tambahkan juga daun bawang dan biarkan sampai mendidih.
6. Tambahkan bawang putih goreng kering dan masak lagi sampai mendidih dan bumbu meresap dalam daging. Matikan api.
7. Tata taoge yang sudah diseduh ke dalam mangkuk saji. Kemudian tuang kuah dan daging soto di atasnya.
8. Sajian siap dinikmati.
Menurut Kang Mamat, resep soto daging sapi khas Tasik ini patut dicoba. Sajian ini bisa dinikmati dengan nasi putih yang masih hangat ditambah sambal dan kerupuk agar menambah kenikmatan santap saat pagi, siang atau malam hari.
Ia mengungkapkan selain sajian soto daging sapi, warung dua saudara juga menyajikan sop daging kambing, ayam bakar serta beberk bakar yang bisa dinikmati para pecinta kuliner.
Lihat juga...