Liburan Panjang, Pengunjung Padati Pameran Edukasi Sejarah Islam

 JUMAT, 6 MEI 2016
BANDUNG — Seram sekaligus menyenangkan. Kalimat  ini sangat tepat untuk menggambarkan suasana pengunjung Pameran Edukasi Sejarah Islam di Bale Asri Pusdai, Jalan Diponogoro, Jumat (6/5/2016). Pameran ini menampilkan replika Mumi Firaun dan replika beberapa benda bersejarah agama Islam lainnya. Sebut saja Pedang Nabi Muhammad SAW dan para sahabatnya. 
“Tadi aku lihat mumi sama pedang seru sih tapi seram. Di sekolah juga belajar (Agama) tapi cuma lihat gambarnya saja,” ujar Hazna, salah seorang siswa SD saat  berkunjung di pameran kepada Cendana News. 
Sementara itu sang ayah, Yono (35) mengaku sengaja datang ke pameran ini agar sang anak lebih mengetahui sejarah agama Islam. Di era moderen ini, menurutnya wawasan soal agama kian luntur. Karena itu dia menilai pameran ini bisa memacu putrinya agar lebih meyakini agama Islam.
“Bagus sih acaranya, bisa mengedukasi. Daripada saat liburan panjang ini ajak anak ke tempat wisata kan bosen. Tapi sayangnya kenapa enggak gratis saja masuknya,” ujar Yono.
 
Koordinator pameran, Zaeal Mustaqim menyampaikan, kegiatan ini digelar selama satu pekan, sejak Selasa (3/5/2016) lalu. Tujuannya, untuk mengingatkan kembali kepada generasi muda terkait sejarah agama Islam.
“Selain Mumi, disini ada 21 replika milik Nabi (Muhammad) dan sahabat-sahabatnya,” ucap Zaenal. 
Pameran dibuka pukul 09.00 WIB hingga 20.00WIB. Dia memperkirakan ada 2000 pengunjung di setiap harinya. Sementara untuk tiket masuk pihaknya membanderol Rp. 10.000 untuk anak-anak dan Rp.15.000 untuk orang tua.
“Yang datang 60 persen anak sekolah, dari mulai mahasiswa sampai usia Paud, nah 40 persennya di luar sekolah seperti orang tua sama anaknya,” bebernya.
Selain itu, di pameran ini juga ada pemutaran film sejarah islam, misalnya saja cerita Nabi Musa. “Kita putar juga film sejarah pedang di sini. Animo pengunjungnya lumayan besar, apalagi hari ini bertepatan dengan Isra Mi’raj (2016),” tukasnya. (Rianto Nudiansyah )
Lihat juga...