Bekas Lokalisasi Saritem Diubah Jadi Kawasan Seni

SABTU, 18 JUNI 2016

BANDUNG — Kawasan eks lokalisasi Saritem, Kelurahan Kebon jeruk, Kecamatan Andir, Kota Bandung diubah menjadi kawasan seni. Hal ini bertepatan dengan digelarnya lomba bertajuk “Saritem Mural Art Festval”, Sabtu (18/6/2016).
Camat Andir, Nofidi H. Ekaputra menyampaikan, ada 25 peserta yang mendaftar, kendati demikian pihaknya tetap membuka pendaftaran. Mengingat kegiatan ini rencananya akan digelar selama delapan hari, dan menampilkan 15 pertunjukan seni.
“Kita masih menunggu peseta lainnya untuk ikut. Kita juga dipandu ahli kaligrafi sehingga kaligrafi ini juga menjadi luar biasa dan terukur dan adanya estetika tersendiri dibandingkan mural-mural lainnya,” ujar Nofidi di lokasi.
Ia berharap ke depan, cap masyarakat terhadap Saritem yang memang sempat dipandang sebagai kawasan bisnis syahwat bisa luntur. Caranya, warga sekitar harus membuat kreasi.
“Harapan kami Saritem menjadi kampung kreatif, tanpa harus ada ketakutan orang datang kesini, dan tanpa beropini macam-macam,” katanya.
Dikatakan, mural kaligrafi ini nantinya tidak hanya digurat di sepanjang jalan utama. Menurutnya, ke depan akan masuk ke gang hingga rumah warga kebagian mendapat sentuhan mural.
“Tapi sekarang kita utamakan di jalur utama seperti di Jalan Kebon atangkil dan di Kebon Jati. Rumah penduduk juga akan di mural,” pungkasnya.
[Rianto Nudiansyah]
Lihat juga...