Daun Jarak, Tanaman Obat yang Memiliki Banyak Khasiat

MINGGU, 19 JUNI 2016

PONTIANAK — Pohon  jarak. bagi masyarakat Kalimantan Barat merupakan pohon berkhasiat untuk berbagai penyakit seperti sakit kepala, sakit gigi, kembung pada bayi. Seperti yang sebutkan warga Kabupaten Sanggau bernama Hirah (50).
“Kalau anak saya yang bayi kembung perutnya, saya balurkan daun jarak ini pada perutnya. Caranya adalah daun jarak ini dipanaskan dulu beberapa detik di kompor. Lalu kita ambil, diamkan sebentar,” tutur Hirah, Minggu, 19 Juni 2016.
Hirah bercerita, selain untk anak bayi daun jarak ini dimanfaatkan untuk mengobati rasa sakit gigi, dan sakit kepala.
“Kalau ada anak saya yang dewasa sakit gigi, saya oleskan getahnya pada yang sakit giginya. Beberapa jam kemudian sembuh. Kalau sakit kepala, tempelkam pada kepala yang sakit, beberapa jam sembuh,” tuturnya.
Hirah berkata, memanfaatkan daun jarak ini sejak dirinya maish kecil dahulu. Ketika itu, kedua orang tuanya yang memberitahu khasiat daun jarak ini.
“Jadi, tidak perlu beli obat atau ke dokter. Cukup pakai daun jarak ini,” ucapnya.
Saat ini, kata Hirah ia menanam jaun darak di depan teras rumahnya. Banyak juga warga yang sudah tahu manfaat dan ikut menanam.
Di Kota Pontianak, warga menanam jarak juga di depan teras rumah. Itu dimaksudkan supaya mudah pas dibutuhkan.
Emitina (35) juga membenarkan hal tersebut, khasiat daun jarak sudah tidak diragukan lagi. Karena selama ini keluarganya selalu menggunakan daun jarak untuk mengobati rasa sakit pada anak-anaknya, baik yang bali maupun yang dewasa.
“Warga di sini sudah tahu manfaatnya, langsung mereka ambil bibitnya di tempat saya. Bijinya di tanam. Gak perlu dipupuk, tumbuh subur ini. Bahkan ada yang menjual daun jarak ini ke pasar,” tuturnya. 
[Aceng Mukaram]
Lihat juga...