Jelang Buka Puasa, Warga Tumplek di Jalan Jembatan Opat, Kota Bandung

SABTU, 18 JUNI 2016 

BANDUNG — Warga mendadak tumplek menjelang buka puasa, di Jalan Jembatan Opat, Kota Bandung. Kedatangan mereka tak lain guna membeli makanan atau minuman untuk ber-takjil.

Pasar dadakan yang berada di Sayap Jalan Kiaracondong tembus ke arah Jalan Laswi, Kota Kembang ini selalu menjadi tujuan warga sekitar yang berburu santap buka puasa. Sayangnya, macet pun tak dapat dihindarkan, sebab banyak juga warga yang tidak memarkirkan dulu motornya saat hendak membeli makanan.
Kendati begitu, jenis makanan dan minuman yang tersaji di sini memang beragam. Dari yang tradisional hingga moderen semua bisa di dapat. Diantaranya cakue mini, jamur crispy, es campur, mie dingin, Kolak, dan makanan khas Sunda awug. 
Ditha (28), salah seorang pengunjung mengatakan pasar dadakan tersebut terjadi di setiap bulan Ramadan saja.
“Hari-hari biasa juga ada yang jualan tapi enggak banyak seperti bulan puasa,” ujarnya kepada Cendananews, Sabtu(18/6/2016).
Menurutnya, keramaian warga ini sudah terjadi sejak dua tahun kebelakang. Ia cukup senang, sebab jajanan yang dijual menjadi lebih beragam.
“Tapi ya macet, kalau mau jajan harus dari jam empat (sore), kalau lebih dari itu harus antre setiap pedagang banyak yang beli. Tapi kan kalau beli makanan yang hangat-hangat nanti waktu disantap saat buka (puasa) sudah dingin,” katanya.
Harga yang ditawarkan oleh penjual pun irit di kantong. Karena jajanan rakyat, ia memperkirakan paling mahal harganya Rp. 15 ribu.
“Sekarang saja saya bawa uang Rp 20 ribu bisa bawa pulang lumpia basah dua sama cireng,” ungkapnya.
Berdasarkan pantauan Cendananews, warga sekitar juga turut mengamankan arus lalu lintas yang tersendat. Beberapa juga tampak menjadi juru parkir dadakan. Sementara para pedagang mulai menggelar lapak jualannya sejak pukul 16.00WIB.(Rianto Nudiansyah)
Lihat juga...