Komuitas Katumbiri Sajikan ‘Pelangi Ramadan’ LP Khusus Anak Klass II Bandung

SELASA, 21 JUNI 2016

BANDUNG — Komunitas Lentera Katumbiri gelar acara bertajuk “Pelangi Ramadan” di Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Klas II Bandung, Senin (20/6/2016) Sore. 

Berdasarkan pantauan, komunitas ini menggelar buka bersama dan membagikan sarung, buku bacaan dan makanan kepada 189 anak-anak yang sedang berada di sana. Tak hanya itu, anak-anak yang sedang dibina di LPKA ini pun disuguhi beberapa pertunjukan menarik. Mereka terhibur oleh aksi dari band The Panasdalam, perkusi anak-anak Rumah Bintang, dan stand up comedy dari Gusman Sige.

Ketua Panitia Pelangi Ramadan, Sabine Valencia menyatakan, kegiatan ini merupakan lanjutan kegiatan sebelumnya di LPKA Klas II Bandung pada bulan Mei 2016 lalu. Dimana kala itu pihaknya berbagi peralatan mandi dan sandal.

“Kami memiliki ikatan emosional yang kuat dengan seluruh elemen LPKA Sukamiskin. Setelah kegiatan Mei kemarin, kami melihat ada beberapa kebutuhan yang masih diperlukan dan hari ini kami berusaha memenuhi kebutuhan tersebut, antara lain sarung, buku bacaan, dan makanan untuk adik-adik di LPKA,” kata Sabine.

Seluruh kebutuhan itu didapatkan dari hasil donasi yang diharapkan dapat berpengaruh positif terhadap penghuni lapas.

“Teruntuk adik-adik LPKA, tetap semangat, tetap berkarya, ingat nanti di luar sana masa depan yang baik menunggu kalian,” ucapnya.

Pada kegiatan ini dihadiri pula oleh ketua PKK Kota Bandung, Atalia Praratya dan Ketua Lembaga Koordinasi Kesejahteraan Sosial (LKKS), Medi Mahendra. Dalam sambutannya, Ketua PKK Kota Bandung Atalia Kamil meminta anak-anak LPKA tetap bersemangat dan mempersiapkan bekal yang kokoh selama pembinaan.

“Adik-adik harus siap untuk sukses, makanya ikuti masa pembinaan ini dengan semangat. Ada banyak mantan napi yang sukses di dunia. Kalau di Indonesia salah satunya Pak Anton Medan,” kata Atalia.

Sementara itu, Ketua LKKS Kota Bandung, Medi Mahendra menilai selama ini pemerintah memiliki keterbatasan untuk menjangkau seluruh lapisan masyarakat. Karena itu kontribusi komunitas sosial seperti Lentera Katumbiri ini sangat diperlukan.

“Kolaborasi mutlak diperlukan. Apa yang telah dilakukan Lentera Katumbiri dan komunitas sosial lainnya merupakan wujud kepedulian dan keinginan berbagi demi kesejahteraan bersama,” katanya.

[Rianto Nudiansyah]
Lihat juga...