Lapas Sumenep Ajukan 66 Napi untuk Dapat Remisi Lebaran

SENIN, 20 JUNI 2016

SUMENEP — Sebanyak 66 warga binaan di Lembaga Permasyarakatan (Lapas) Kelas 2 B Kabupaten Sumenep, Jawa Timur, diajukan untuk mendapat rekomendasi khusus lebaran pada tahun 2016 ini dan persetujuannya akan diketahui menjelang hari raya Idul Fitri nanti.
Secara keseluruhan total warga binaan di lembaga permasyarakatan di ujung Pulau Madura ini sebanyak 157 orang, sehingga yang nara pidana diajukan untuk mendapatkan remisi tidak sampai 50 persen dari yang ada. Itupun dari napi yang telah diajukan juga sudah disesuaikan dengan kasus masing-masing binaan.
“Jadi dari sebanyak 157 warga binaan di Lapas daerah ini hanya ada 66 akan direkomendasikan mendapatkan remisi khusus lebaran tahun 2016 ini. Sedangkan yang 61 warga binaan itu diajukan ke Kantor Wilayah Lembaga Pemasyarakan Jawa Timur. Sementara untuk 5 orang Napi itu akan direkomendasi langsung ke pusat,” kata Moh. Kafi, Kepala Lembaga Permasyarakatan (Lapas) Kelas 2 B, Kabupaten Sumenep, Senin (20/6/2016).
Disebutkan, untuk yang ke pusat merupakan kasus yang dinilai berat sementara yang masuk kategori ringan cukup diajukan ke kantor wilayah. 
“Sekitar 5 orang warga binaan remisinya langsung kementerian, karena itu semua kasusnya masalah narkoba. Maka keputusan dari pusat itu langsung dari menteri berkaitan dengan PP 99 yang memperketat bagi bandar narkoba dan koruptor,” jelasnya.
Sedangkan kreteria untuk mendapatkan rekomedasi remisi para Napi harus memiliki kelakuan baik selama menjadi warga binaan di lembaga tersebut, selain itu juga pidana yang dijalani sudah 6 bulan sebelum. Bahkan ada sebanyak 8 warga binaan di lapas sudah bebas, seperti bebas murni dan sebagian bebas bersyarat.
[M. Fahrul]
Lihat juga...