Lima Siswa SD Wakili Indonesia di Ajang Kompetisi Robot Dunia

RABU, 22 JUNI 2016

SURABAYA — Sebanyak lima siswa Sekolah Dasar (SD) Muhammadiyah 4 Pucang yakni Kaisar Nialfza, Gatra Raihansyah, Firman Fathoni, Haris Aufa Abian Fawaz dan Alwansyah Muhammad Mahardika Endrawan berhasil mewakili Indonesia dalam ajang kompetisi robot internasional di Jerman pada 26 Juni 2016 mendatang. Sebelumnya, tim ini berhasil menjuarai perlombaan ‘Robot Rescue’ di Singapura yang berhasil mengantarkan para siswa ini ke Jerman.

Syaiful Rachman bersama lima siswa SD Muhammadiyah 4 Pucang
Sebelum berangkat pada 26 Juni 2016 mendatang para pelajar ini meminta doa restu dan dukungan kepada Pemerintah Provinsi Jawa Timur. Dihadapan para pelajar Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur Syaiful Rachman mengaku bangga dengan apa yang di torehkan para pelajar ini.
“Lomba ini tidak semua negara bisa mengikuti hanya ada 80 negara saja, tentunya kami bangga kepada anak-anak,” ujarnya saat ditemui di gedung Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur, Rabu (22/6/2016).
Rencananya para siswa ini akan berangkat ke Jerman pada 26 Juni 2016 mendatang. Untuk perlombaan itu sendiri digelar pada 28 Juli 2016 mendatang. “Para siswa ini juga tetap melakukan ibadah puasa meski 2 minggu kemarin latihan terus secara intensif di sekolah,” terangnya.
Meski dari segi umur dapat dikatakan muda para pelajar ini lanjut Saiful mampu membuktikan menjadi yang terbaik. Pemprov Jatim akan terus memberikan suport salah satunya dari segi pendanaan dengan menggandeng Bank Jatim untuk menjadi sponsor utama.
“Kami akan selalu dukung, intinya mereka bisa mengikuti lomba dengan baik, tidak mikir macem-macem. Kami juga hubungan dengan Bank Jatim sebagai sponsor utama. Kami dari Dinas tidak ikut, tapi kita sudah hubungan dengan pihak kedutaan di Jerman, Insya Allah mereka juga mendukung,” urainya.
Salah satu siswa, Alwansyah Muhammad Mahardika Endrawan bahkan mengakui sulit untuk berkonsentrasi saat latihan. “Selama 2 minggu, setiap pukul 14.00 WIB sampai beduk maghrib kami latihan terus,” cakapnya.
Sekedar informasi, kelima siswa ini berangkat ke Jerman pada 26 Juni hingga 5 Juli 2016, waktu lomba pada 28 Juni hingga 3 Juli 2016 di Leipzig, Jerman melawan ratusan siswa lain dari 80 negara lain. (Charolin Pebrianti)
Lihat juga...