NTB Provinsi Tertinggi Angka Buta Aksara Secara Nasional

SELASA, 21 JUNI 2016

MATARAM — Staf Ahli Bidang Inovasi dan Daya Saing, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Republik Indonesia, Ananto Kusuma Seta mengungkapkan, dibandingkan dengan daerah lain di Indonesia, Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) sampai saat ini merupakan daerah dengan angka buta aksara tertinggi secara nasional.
“NTB termasuk Provinsi dengan angka buta aksara tertinggi secara nasional, yaitu 10,62 persen dari penduduk usia 15 sampai 59 tahun,” sebut Ananto saat membahas neraca pendidikan daerah dengan Pemda NTB dan sejumlah Bupati di kantor Gubernur NTB, Selasa (21/6/2016).
Ia mengatakan, berdasarkan data Kemendikbud tahun 2015, penduduk dengan angka buta aksara terbanyak terdapat di Kabupaten Lombok Tengah (Loteng), yaitu 15,36 persen atau setara dengan angka 117.247 ribu, disusul Kabupaten Lombok Barat (Lobar) mencapai 16,60 persen atau setara dengan angka 101.904 persen
Untuk angka drop out sendiri, di NTB masih terdapat sekitar lima ribu orang, sementara secara nasional angka anak drop out di Indonesia sebesar 60 persen.
Ananto menjelaskan masih tingginya angka drop out pada umumnya masih disebabkan oleh faktor ekonomi, meski pemerintah telah mencanangkan pendidikan gratis melalui Dana Bantuan Operasional Sekolah (Bos) namun hal tersebut dinilai belum maksimal.
Ditambahkan, penyebab lainnya yakni faktor sosial kultural seperti menikah dini atau lainnya, tapi persentasenya lebih sedikit.
“Untuk mengatasi persoalan tersebut, Pemda NTB termasuk semua kalangan diharapkan bisa bahu membahu mendorong anak bisa menuntaskan pendidikan 12 tahun, supaya IPM kita bisa terus mengalami peningkatan, termasuk dalam bidang kesehatan, yang tentunya diharapkan akan berdampak terhadap kesejahteraan masyarakat”tutupnya.
[Turmuzi]
Lihat juga...