Ombak Besar Tak Kunjung Reda, Nelayan Mulai Tambatkan Perahu ke Bibir Pantai

SENIN, 20 JUNI 2016

SUMENEP — Gelombang dan angin kencang yang tidak kunjung membaik di perairan Kabupaten Sumenep, Jawa Timur membuat nelayan menambatkan perahunya ke pinggir pantai. Mereka khawatir akan mengalami kerugian yang cukup besar karena alat transportasi mereka tenggelam tersapu ombak.
“Kalau kondisi cuaca seperti ini nelayan sangat khawatir jika perahunya tetap dibiarkan di laut, terkadang angin dan ombak besar datang secara tiba-tiba, sehingga sangat membahayakan. Bahkan terkadang ada yang sampai tenggelam, makanya setiap malam memantau perahu dari pinggir pantai,” kata Bunawi (49) salah seorang nelayan Kecamatan Batang-Batang, Kabupaten Sumenep, Senin (20/6/2016).
Disebutkan, tidak hanya ancaman akan perahu tenggelam, nelayan juga harus dihantui dengan tidak adanya pemasukan. Setelah hampir satu bulan kondisi cuaca buruk yang terjadi di ujung timur Pulau Madura ini mengakibatkan banyak nelayan yang tidak memiliki pendapatan.
“Kebanyakan hanya bermata pencaharian sebagai pencari ikan. berharap cuaca cepat kembali normal dan bisa memenuhi kebutuhan hidup, terutama saat ini bulan Ramadhan,”tutupnya.
[M. Fahrul]
Lihat juga...