Penjulan Penyu Dilindungi Sudah Sering Terjadi di Pasar Tuminting Manado

SENIN, 27 JUNI 2016

MANADO — Hasil penelusuran Cendana News di pasar Tuminting Manado, penjualan penyu yang di lindungi bukan hanya terjadi akhir pekan lalu namun sudah sering terjadi. Hal ini dikatakan SM salah satu pedagang yang di temui di pasar Tuminting Senin (27/06/2016).
batok penyu di pasar Tuminting
Menurut SM penyu yang ditemukan petugas Kepolisian Sektor (Polsek) Tuminting akhir pekan lalu, merupakan penyu yang kesekian kalinya, karena sudah beberapa kali ada nelayan yang datang membawah penyu ke pasar untuk dijual atau ditukarkan dengan ikan lainnya.
“Itu penyu yang klamaring ditemukan petugas beratnya sekitar 20 kg, ada lagi yang lebih besar dari itu sering di bawah ke pasar oleh seseorang, tapi pedagang di pasar tidak mau membeli karena takut di tangkap polisi, kalau nyanda di ungggah ke media sosial paling itu penyu kemarin lolos dan jadi konsumsi masyarakat, dan bukan hanya penyu ada ikan yang dilindungi juga dijual disini”, tutur SM dengan dialek Manado pada Cendana News Senin (27/06/2016).
Sementara itu, Koordinator Balai Pengelolaan Sumber Daya Pesisir Dan Laut (BPSPL) Makassar Satker Manado Asriadi menegaskan, agar pihak terkait terutama Kepolisian setempat harus tegas menindak oknum pedagang dan nelayan yang ditemukan memperjual belikan hewan dan jenis ikan yang dilindungi, agar ada efek jera terhadap mereka.
“Memang di masyarakat dan nelayanan masih kurang sosialisasi terhadap jenis ikan dan hewan seperti penyu yang dilindungi, namun kebanyakan masyarakat sudah mengetahuinya, sehingga harusnya tidak di jual belikan apa lagi di potong untuk dikonsumsi, makanya kamis pekan ini kami akan melakukan sosialisasi di pasar Tuminting, agar mereka paham dan bisa menjaga ikan dan hewan dilindungi dengan baik”, kata Asriadi pada Cendana News.(Ishak Kusrant)
Lihat juga...