Permudah Urus E-KTP, Disdukcapil Pontianak Sederhanakan Prosedur

MINGGU, 19 JUNI 2016

PONTIANAK — Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Pontianak, Suparma mengatakan, pihaknya memberikan kemudahan bagi masyarakat yang ingin mengurus KTP elektronik (e-KTP) dan akta kelahiran. Hal tersebut setelah dilakukan penyederhanaan prosedur dalam pengurusan, tanpa melalui RT dan lurah setempat.
“Jadi masyarakat bisa langsung mengurus e-KTP dan akta kelahiran tanpa perlu mengantongi surat pengantar dari RT atau lurah,” ujar Suparma, di Pontianak, Minggu (19/6/2016).
Dikatakan Suparma, bagi warga pemohon KTP-el cukup melampirkan fotocopy Kartu Keluarga (KK). Sementara pemohon untuk akta kelahiran cukup memenuhi persyaratan sebagaimana yang tercantum dalam Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) Nomor 9 Tahun 2016  tentang Percepatan Peningkatan Cakupan  Kepemilikan Akta Kelahiran.
           
Saat ini, kata Suparma Pemerintah Kota Pontianak menerbitkan surat yang ditandatangani Sekretaris Daerah Kota Pontianak dengan Nomor 470/538/D-KPS tanggal 16 Juni 2016 yang ditujukan kepada para camat dan lurah se-Kota Pontianak. Melalui surat tersebut diharapkan para camat dan lurah meneruskan informasi mengenai penyederhanaan prosedur pengurusan e-KTP dan akta kelahiran kepada masyarakat di wilayah kerjanya masing-masing.
“Partisipasi aktif dari para camat dan lurah dalam memfasilitasi warganya yang belum memiliki KTP dan akta kelahiran supaya berkoordinasi dengan Disdukcapil untuk melakukan jemput bola pelayanan. Semua ini kita lakukan sebagai upaya percepatan menuju tertib administrasi kependudukan,” demikian Suparma berharap. 
[Aceng Mukaram]
Lihat juga...