RAPI Lampung Selatan Siapkan Posko Bantuan untuk Pemudik

SENIN, 20 JUNI 2016

LAMPUNG—Radio Antar Penduduk Indonesia (RAPI) Wilayah II Kabupaten Lampung Selatan ikut berpartisipasi dalam angkutan arus mudik dan arus balik dengan membuka Posko Bantuan Komunikasi (BANKOM) untuk mendukung kelancaran arus mudik dan balik pada Idhul Fitri 1437 Hijriah. Demikian dijelaskan ketua RAPI Lampung Selatan, Sri Maryati.

Sri Maryati
 

Posko bankom mudik lebaran milik RAPI Lamsel ini berada di lokasi SPBU samping Rumah Makan Siang Malam, di wilayah Kecamatan Penengahan, Lampung Selatan, Pelabuhan Bakauheni serta Hotel 56 Kalianda. Menurut satu-satunya wanita di Lampung yang menjadi ketua RAPI dengan Callsign JZ08CDF tersebut  semua posko  akan dibuka dan beroperasi atas petunjuk pengurus RAPI Provinsi Lampung.

“Memang hampir setiap tahun organisasi RAPI yang ada di seluruh wilayah Lampung selalu membuka posko bankom, untuk membantu kelancaran sekaligus mengantisipasi kemacetan arus mudik maupun arus balik lebaran, khususnya di sepanjang Jalan Lintas Sumatera wilayah Lampung Selatan,” ujar Sri Maryati saat dikonfirmasi Cendana News, Senin (20/6/2016).

Ia menuturkan, dalam kegiatan bantuan komunikasi mudik lebaran tahun ini  belum memastikan apakah organisasi RAPI Lamsel bekerjasama dengan PT Pertamina di Lampung karena belum ada koordinasi dengan pihak Pertamina dan belum melakukan komunikasi, meski demikian relawan yang ada di keanggotaan RAPI telah melakukan persiapan dan koordinasi untuk kelancaran kegiatan tersebut.

“Namun kita pastikan, seperti pengalaman tahun lalu kita selalu bekerjasama dengan Pertamina dan yakin tahun ini posko serupa masih akan kita tempatkan di SPBU siang malam dengan membuat tenda dan fasilitas istirahat,” ungkapnya.

Menurutnya, seperti tahun sebelumnya pihak Pertamina telah menyiapkan tempat beristirahat di lokasi SPBU samping RM Siang Malam, bagi para pemudik yang kelelahan dan perlu beristirahat.

“Di posko bankom ini, selain bisa beristirahat, para pemudik juga dapat memperoleh informasi tentang kemacetan maupun kondisi jalan raya yang akan dilalui, lewat anggota RAPI yang piket atau standby di posko,”terang Sri Maryati.

Ia menjelaskan, anggota RAPI Lampung Selatan akan menyampaikan semua informasi tentang kondisi maupun situasi jalan raya serta cuaca berikut perihal keamanan kepada para pemudik, khususnya bagi anggota RAPI yang berasal dari luar daerah Lampung melalui radio 2 meter band yang bekerja pada frekuensi pancar ulang Input 14.351.0 – Output 14.211.0, atau pada frekuensi 14.335.

“Kami selaku anggota RAPI berharap kegiatan sosial ini benar-benar bisa membantu dan bermanfaat bagi para pemudik, baik yang akan menuju ke wilayah Sumatera maupun ke wilayah Pulau Jawa, sehingga masyarakat bisa merasakan kenyamanan dalam perjalanan mudik dan arus balik,” ujarnya.

Berbagai langkah koordinasi dan persiapan menurutnya telah dilakukan diantaranya dengan pihak kepolisian Polres Lampung Selatan dan posko yang disiapkan juga berkoordinasi dengan relawan relawan dari instansi terkait diantaranya dinas kesehatan, Pramuka serta pihak lain.

Khusus untuk posko RAPI di Pelabuhan Bakauheni, relawan RAPI akan menginformasikan terkait situasi pelabuhan mulai jadwal kapal, kepadatan serta situasi terkini selama arus mudik dan balik lebaran tahun 2016/1437 Hijriyah. (Henk Widi)

Lihat juga...