Tingkatkan Kemampuan OMSP, Armatim Lakukan Program Staf Operasi

SENIN, 20 JUNI 2016

SURABAYA — Mewujudkan siaga operasional satuan guna membantu Badan SAR Nasional (Basarnas) dalam kegiatannya, Komando Armada RI Kawasan Timur (Koarmatim) melaksanakan program Staf Operasi (Sops) Mabes TNI.
Para prajurit Koarmatim nantinya dilatih untuk meningkatkan kemampuan serta keahlian Operasi Militer Selain Perang (OMSP) dalam Latihan Kesiapsiagaan Tahun 2016.
Komandan Kodiklat TNI, Mayor Jenderal (Mayjen) TNI Dedi Kusnadi Thamim menjelaskan, latihan akan dilaksanakan hingga enam hari kedepan dimulai pada hari ini tanggal 20-25 Juni 2016.
“Dalam latihan tersebut Kodiklat TNI akan menguji kesiapsiagaan sesuai rencana operasi yang disiapkan oleh Kotama Operasi dalam membantu Basarnas guna menyelamatkan korban akibat bencana atau kecelakaan di laut,” jelasnya saat ditemui di Auditorium Puslat Kaprang Kolatarmatim, Ujung Surabaya, Senin (20/6/2016).
Sesuai tema yang diusung oleh Koarmatim yaitu ‘Koarmatim dan jajarannya melaksanakan operasi bantuan pencarian dan pertolongan (SAR) kepada Basarnas di wilayah perairan Yuridiksi Nasional, Bagian Timur Indonesia untuk mencari dan menyelamatkan korban akibat bencana atau kecelakaan di laut dalam rangka Operasi Militer Selain Perang.
Pangarmatim Laksda TNI Darwanto dalam sambutannya menyampaikan bahwa latihan kesiapsiagaan Koarmatim ini menitikberatkan pada bagaimana kesiapan operasional Koarmatim beserta jajarannya dalam melaksanakan tugas perbantuannya dalam menangani  Search And Rescue (SAR).
Selain itu, latihan ini bertujuan untuk menguji kesiapsiagaan satuan Jajaran Koarmatim dalam operasi bantuan dan pertolongan SAR kepada Badan SAR Nasional (Basarnas). “Serta meningkatkan kemampuan dan ketramplian prajurit guna mewujudkan kerjasama maupun koordinasi yang baik dengan instansi lain yang memilik kemampuan melaksanakan operasi SAR,” tukasnya.
Latihan ini Koarmatim akan melibatkan 725 personil, tiga unsur KRI yaitu KRI Makasar-590, KRI Layang-635, dan KRI Kakap-811, satu Kal Bengkoang (Satkamla Lanal Semarang), sedangkan unsur Pesawat Udara (Pesud) melibatkan satu Helly Bell-419 dan satu P-851, dan satu Tim Satkopaska serta Dislambair Koarmatim. 
[Charolin Pebrianti]
Lihat juga...