?Denpasar Art Space, Sarana Perkuat Kesenian Berbasis Kreativitas

RABU, 28 DESEMBER 2016

BALI — Denpasar Art Space (DAS) kembali memamerkan karya seniman seni rupa di Bali. Gelaran kali ini mempersembahkan pameran kedua bertajuk Tribute to I Gusti Made Deblog yang dibuka langsung Wakil Wali Kota, IGN Jaya Negara didampingi Ketua DPRD Kota, I Gusti Ngurah Gede.
Wakil Wali Kota, IGN Jaya Negara didampingi Ketua DPRD I Gusti Ngurah Gede
Menurut Jaya Negara, kreativitas senantiasa didorong untuk melestarikan kehidupan warga Kota Denpasar yang majemuk, tumbuh di antara keteguhan tradisi, kebudayaan yang agung dan tantangan kekinian. Kreativitas, menjadi bagian penting untuk membangun karakter masyarakat yang kompetitif guna membantu mempercepat pembangunan generasi unggul dan mandiri.
“Sesuai dengan tema yakni Tribute to I Gusti Made Deblog kita mengenang hasil-hasil karya pendahulu kita, tentu melalui spirit itu kita berharap seniman muda dapat mengambil intisari dari karya beliau untuk menjadi penerus yang mandiri  serta dijadikan rujukan kreatif dalam proses penciptaan kebudayaan, sastra, seni, arsitektur, hingga politik yang melahirkan tokoh yang memperkuat Denpasar dalam prosesnya mewujudkan warga yang kreatif,” sebut Jaya Negara di Gedung Denpasar Art Space, Rabu (28/12/2016).
Jaya Negara mengatakan, Pemkot Denpasar sangat berterima kasih kepada pelaku seni di Denpasar yang telah mendukung kegiatan tersebut. Dengan digelarnya pameran ini diharapkan dapat melahirkan seniman-seniman muda yang berkarakter dan bisa terus memberi warna dalam perkembangan seni rupa di Bali, khususnya Kota Denpasar.
Semenatara itu, Ketua Badan Promosi Pariwisata Daerah Kota Denpasar, IB. Gede Sidarta Putra mengatakan, Denpasar Art Space mengadakan pameran kedua yang bertajuk Tribute to I Gusti Made Deblog. Judul ini sengaja dipilih untuk memberikan penghormatan kepada salah satu seniman Denpasar yang tekun berkesenian dengan gagasan original pada zamannya. 
“Dengan tema ini diharapkan menjadi bagian dari upaya untuk menelisik sisi historis Kota Denpasar dan mengenang kiprah para seniman yang pernah mengharumkan kota ini,”katanya.
Disebutkan, pameran diikuti sebanyak 16 seniman yang dibagi menjadi 18 lukisan termasuk lukisan I Gusti Made Deblog. 
Dijelaskan, pameran tersebut merupakan upaya dalam menyambut ruang kreatif, sehingga mereka bisa menggunakan untuk meningkat kualitas karya-karya mereka. 
“Ke depannya seni di Kota Denpasar ini lebih hidup lagi dan berharap Denpasar Art Space ini dapat berperan serta memberi kontribusi kepada seniman-seniman di Kota Denpasar,” ujar Sidarta.

Jurnalis : Bobby Andalan / Editor : ME. Bijo Dirajo / Foto : Bobby Andalan

Lihat juga...