Acil Bimbo: Konsep Budaya yang Jelas Mampu Hadapi Perkembangan Zaman

JUMAT, 30 DESEMBER 2016

BANDUNG — Budayawan asal Bandung, Acil Darmawan Hardjakusumah alias Acil Bimbo menilai, dewasa ini pemerintah harus memiliki konsep budaya yang jelas. Hal tersebut akan dapat menyelamatkan budaya leluhur yang mulai tergerus oleh perkembangan zaman. 
Budayawan asal Bandung, Acil Darmawan Hardjakusumah
Bilamana ada konsep yang jelas kemudian dikombinasikan dengan teknologi maka nilai budaya di Negeri ini tak akan hilang. Malahan bila mau berdampingan dengan teknologi itu maka budaya Indonesia bisa mendunia. 
“Juga harus dibeli dengan rasa lelah, karena rasa lelah adalah satu unsur dari kemajuan. Kita tidak bisa maju tanpa kerja keras,” kata Acil di Bandung, Jumat (30/12/2016).
Khusus Kota Bandung, ia berharap bisa kembali menjadi kota budaya yang mendunia. Seperti tahun 1955 silam, di mana Kota kembang menjadi panggung Konfrensi Tingkat Tinggi Asia-Afrika. 
Karena itu, pemerintah harus lihai mencari cara jitu lewat kebijakan yang digagas guna membuat Negeri ini kembali tangguh dalam sektor budaya. 
“Di mana-mana budaya itu bagus kalau ditunjang pemerintah, dan pemerintah harus awas mana saja yang harus digarap,” katanya.
Tak hanya itu, Acil juga menilai perlu adanya kegiatan yang digagas oleh forum budayawan, yang nantinya berkoordinasi dan mengkaji agar budaya luhur mampu berdampingan dengan kemajuan teknologi. Hanya saja pemerintah pun harus bertindak aktif untuk merumuskan konsep budaya yang jelas.
“Kalau tidak ada komunikasi, ya mati lagi. Mudah-mudahan ke depan ada konsep budaya yang jelas,” pungkasnya.

Jurnalis : Rianto Nudiansyah / Editor : ME. Bijo Dirajo / Foto : Rianto Nudiansyah

Lihat juga...