Berkah Tahun Baru Penjual Terompet Kota Malang

SABTU 31 DESEMBER 2016

MALANG—Sama halnya seperti pada tahun-tahun sebelumnya, perayaan tahun baru rupanya membawa berkaho tersendiri bagi penjual terompet yang dapat dengan mudah di temui dipinggiran jalan di kota Malang. 

Sabar, seorang penjual terompet.
Sabar, salah satu penjual terompet di jalan Patimura kota Malang mengaku sudah seminggu yang lalu mencoba mengais rejeki dengan menjual aneka jenis terompetnya hingga malam pergantian tahun tiba.
“Kira-kira sejak minggu kemarin saya sudah mulai menjual terompet untuk tahun baru dan Alhamdulillah setiap harinya paling tidak sepuluh terompet laku terjual,” akunya kepada Cendana News, Sabtu (31/12/2016).
Sesuai dengan namanya, bapak dari dua anak tersebut terlihat dengan sabar menanti para pembeli agar bisa kembali merasakan berkah tahun baru. Dengan rangka rak yang terbuat dari bambu, puluhan terompet dengan berbagai bentuk dan ukuran nampak di pajang dengan rapi agar lebih menarik calon pembeli.
“Sebagian terompet yang ini saya buat sendiri dan sebagian lagi saya kulakan dari toko. Untuk harganya cukup terjangkau yaitu mulai dari Rp5 ribu sampai dengan Rp30 ribu,” ucapnya.
 
Menurutnya, dari sekian banyak jenis dan bentuk terompet, terompet dengan bentuk seperti corong atau kerucut masih menjadi favori bagi pelanggannya yang kebanyakan adalah anak-anak kecil dan remaja.
 
Berdasarkan pengalaman pada tahun-tahun sebelumnya, Sabar optimis bahwa terompet dagangannya akan habis terjual.
“Tahun lalu dagangan saya ludes terjual, dan saya optimis nanti malam menjelang pergantian tahun Insyaallah akan habis terjual juga,” ujarnya dengan semangat.
Lebih lanjut Sabar memceritakan bahwa profesi sebagai pedagang musiman penjual terompet sudah ia lakukan lebih dari lima tahun yang lalu.
“Kebetulan pekerjaan saya sehari-hari menjual mainan di sekolah-sekolah, tapi kalau menjelang tahun baru seperti sekarang ini biasanya saya berjualan terompet. Lumayan untuk membayar uang biaya sekolah anak,” jelas pria asli Wonogiri yang kini menetap di daerah Tanjung kota Malang.
Disebutkan, Sabar memiliki satu orang anak perempuan yang masih duduk di bangku Sekolah Menengah Kejuruan dan seorang anak laki-laki yang sudah bekerja.

Jurnalis: Agus Nurchaliq/Editor: Irvan Sjafari/Foto: Agus Nurchaliq

Lihat juga...