Cegah Masuknya TKA Ilegal, Kantor Imigrasi Kelas I Balikpapan Sidak ke Perusahaan

RABU, 28 DESEMBER 2016
BALIKPAPAN — Guna mencegah masuknya Tenaga Kerja Asing (TKA) Ilegal, Kantor Imigrasi Kelas I Balikpapan bersama jajaran Kodim 0905/Balikpapan menggelar inspeksi mendadak (Sidak) ke perusahaan-perusahaan yang mempekerjakan TKA. Sidak dilakukan secara bertahap oleh Kantor Imigrasi untuk menindaklanjuti maraknya Warga Negara Tiongkok masuk di Indonesia.

Petugas melakukan inspeksi mendadak memeriksa administrasi seperti paspor dan lain-lain.

Kepala Sub Pengawas Imigrasi Kantor Imigrasi Kelas I Kota  Balikpapan, Bismo Surono, menjelaskan, sidak yang dilakukan ke semua perusahaan di kota minyak ini untuk memperoleh data akurat tentang keberadaan orang asing. Karena setiap TKA harus memiliki identitas yang lengkap seperti izin menggunakan tenaga kerja asing, dan seluruh administrasi kewarganegaraan yang harus dilengkapi saat berada di Indonesia sesuai dengan peraturan yang berlaku.

“Dari sidak yang dilakukan ditemukan ada tiga TKA yang diduga melakukan pelanggaran administrasi. Selanjutnya akan diperiksa lebih rinci lagi di kantor imigrasi,” ungkapnya Rabu, (28/12/2016). Lanjut Bismo, ketiga TKA ini menyalahi izin tinggal yang dimiliki, sehingga proses pendataan dan pemeriksaan dilanjutkan di kantor Imigrasi. Dalam sidak ke sejumlah perusahaan ini terdapat tujuh petugas kantor Imigrasi kelas I Balikpapapan dan dibantu jajaran Kodim Balikpapan.

Sebelumnya, Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Sosial Kota Balikpapan mengatakan, keteelibatan masyarakat dalam pengawasan keberadaan TKA diperlukan, meskipun pengawasan TKA dilakukan di bawah koordinasi Kantor Imigrasi.

Dari data Disnakersos, jumlah TKA yang terdata sebanyak 253 tenaga kerja di tahun 2016. Jumlah itu menurun dari tahun 2015, yakni sebanyak 351 TKA.

Jurnalis: Ferry Cahyanti / Editor: Satmoko / Foto: Ferry Cahyanti

Lihat juga...