Curi Sepeda Motor, Tiga Pemuda Putus Sekolah Diamankan

JUMAT, 30 DESEMBER 2016

YOGYAKARTA —  Tiga orang pemuda diamankan Polsek Kotagede Yogyakarta setelah melakukan tindak pencurian kendaraan bermotor. Salah satu diantaranya bahkan diketahui masih di bawah umur. Ketiga pemuda tersebut adalah R (16), AW (18) dan AN (22), warga Girirejo, Tempuran, Magelang.
Tiga tersangka beserta barang bukti yang diamankan aparat

Kapolsek Kotagede, Kompol Gunawan menyebutkan, ketiga pelaku ditangkap di rumah masing-masing. Bersama mereka diamankan satu unit sepeda motor serta tiga buah telepon genggam. Aksi pencurian itu dilakukan di sebuah bengkel di Jalan Kebun Raya, Rejowinangun, Kotagede, Yogyakarta, milik Candra Widodo (57), pada Selasa (28/12/2816) malam lalu.

Peristiwa pencurian itu terjadi saat saksi Setyo sedang tidur di TKP. Pada sore hari, saksi mendapat telepon dari salah satu tersangka yang merupakan teman saksi sendiri, karena dulu pernah bekerja di bengkel tersebut. Tersangka meminta saksi untuk tidak mengunci pintu karena ia bermaksud datang ke TKP.

Saksi kemudian tidur bersama dua saksi lainnya Setiawan dan Yadi. Sekitar pukul 01.00 win, saksi terbangun namun tidak ada orang datang ke TKP. Saksi kemudian melanjutkan tidurnya, hingga pada pagi harinya, ia mendapati satu unit sepeda motor serta tiga buah telepon genggam raib.

Pihak Polsek Kotagede yang menerima laporan tersebut langsung menindaklanjuti. Dari penyelidikan yang dilakukan, perbuatan pencurian itu mengarah ke salah seorang tersangka AW. Anggota Reserse Krimibal Polsek Kotagede langsung melakukan pengejaran ke Magelang. Dengan bekerjasama dengan polsek setempat, akhirnya petugas berhasil menangkap ketiga pelaku, dengan mengamankan sejumlah barang bukti.
“Dari penyelidikan diketahui telepon genggam yang dicuri itu ternyata masih aktif. Sehingga bisa dilacak. Dari pemeriksaan dan pengembangan mengarah ke tiga tersangka. Ketiganya lalu kita amankan tanpa ada perlawanan, ” katanya Jumat (30/12/2016).
Menurut Kapolsek Kotagede, ketiga tersangka merupakan pemuda putus sekolah. Tersangka R bahkan diketahui tidak tamat SD dan memiliki hubungan tidak harmonis dengan orangtuanya.

“Dari keterangan yang didapat, ketiga tersangka ini berangkat dari Magelang ke Jogja dengan mengendarai satu unit sepeda motor tanpa mengenakan helm. Ketiganya mengaku memang berniat mencuri helm, hingga akhirnya sampai ke TKP dan mencuri motor korban untuk dipakai kembali ke Magelang,” katanya.

Akibat perbuatannya ketiga pelaku dijerat dengan pasal 363 tentang pencurian dan diancam hukuman pidana 7 tahun kurungan.

Jurnalis : Jatmika H Kusmargana / Editor : ME. Bijo Dirajo / Foto : Jatmika H Kusmargana

Lihat juga...