Demam Telolet, Bengkel Variasi Mobil di Klaten Kebanjiran Order

RABU, 28 DESEMBER 2016

SOLO — Demam telolet menjadi berkah tersendiri bagi bengkel variasi mobil yang menyediakan klakson mobil yang saat ini banyak digemari dari berbagai kalangan di Indonesia. Meski harga variasi klakson telolet ini terhitung mahal, bengkel variasi klason mobil tak pernah sepi pelanggan.

Budi Santoso, pemilik bengkel variasi mobil.

Salah satunya adalah bengkel variasi mobil Formula Jaya yang ada di jalan Solo-Jogja, tepatnya di Jalan Perintis Kemerdekaan, Klaten. Sejak banyak menjadi viral di berbagai media sosial, permintaan pemasangan untuk jenis klakson ini meningkat tajam. “Sehari bisa 4-5 permintaan dan dipasang langsung,” ucap Budi Santoso, pemilik bengkel variasi mobil kepada awak media, Rabu (28/12/2016).

Tidak hanya mobil bus AKDP maupun AKAP yang meminta dipasangkan klakson telolet, namun mobil jenis minibus lainnya juga banyak yang memesan. Setiap hari, bengkel yang sudah menyediakan berbagai varian klakson selama 3 tahun itu banyak diminta untuk memasangkan ke pelanggan. “Karena permintaan tinggi, kita sempat kehabisan dan minta dikirim langsung dari gudang yang ada di Jakarta,” ungkap Budi.

Harga klakson telolet pun bervariasi, mulai dari Rp 400 ribu, Rp 800 ribu, hingga mencapai Rp 3 juta. Untuk memasang klakson telolet ini meliputi corong suara, dinamo, tabung angin, dan modul, atau memori penyimpan suara. “Harga ini tergantung varian klakson. Jika meminta yang bagus, pakai tabung dan corongnya lebih dari 3 harganya bisa mencapai Rp 3 juta,” imbuhnya.

Dalam kondisi ramai, bengkel variasi mobil ini mampu memasang 10 unit klakson telolet untuk bus maupun mobil lain. Diakui Budi, pelanggan klakson telolet semakin ramai setelah demam om telolet itu kian ramai di media sosial.  “Sebenarnya klakson ini sudah lama ada, tapi memang baru-baru ini ramainya,” tambahnya.

Diakui pelanggan, kegunaan klakson telolet  untuk kendaraan besar seperti bus AKDP dan AKAP sangat bermanfaat. Selain banyak digemari anak-anak hingga orang dewasa, jenis klakson ini ampuh untuk membuat pengendara lain yang semula tidak mau menepi, menjadi menepi.

“Kita rasakan banyak manfaatnya. Seperti saya yang selalu terikat waktu, jadi ketepatan waktu sangat berharga,” kata Maryoto, salah seorang sopir bus AKAP jurusan Solo-Jakarta.

Pentingnya ketepatan waktu, penggunaan klakson telolet menjadi sarana yang ampuh untuk bisa memberikan peringatan keras bagi pengendara lain.

Bengkel variasi mobil kebanjiran pemasangan klakson telolet.

“Ini karena perjalanannya sangat dibatasi waktu. Kita bunyikan klakson ini, bisa minggir sendiri,” tandasnya.

Jurnalis: Harun Alrosid / Editor: Satmoko / Foto: Harun Alrosid

Lihat juga...