Din Syamsuddin Datang ke Gedung KPK Jenguk Fahmi Darmawansyah dan Irman Gusman

KAMIS 29 DESEMBER 2016

JAKARTA—Din Syamsudin yang selama ini dikenal sebagai salah satu tokoh senior Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah tersebut baru saja beberapa saat yang lalu meninggalkan Gedung Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Jalan Hajjah Rangkayo Rasuna Said, Kuningan, Jakarta Selatan.

Din Syamsudin, saat berada di Gedung KPK Jakarta
Setelah sebelumnya sempat melakukan wawancara dengan para awak media yang ada di Gedung KPK Jakarta, Din Syamsudin yang juga mantan Ketua PP Muhammadiyah tersebut langsung bergegas meninggalkan Gedung KPK Jakarta pada sekitar pukul 10:20 WIB, Kamis pagi (29/12/2016) dengan menggunakan mobil Toyota Alphard warna hitam.

Kedatangan Din Syamsudin ke Gedung KPK Jakarta tersebut dalam rangka menjenguk Irman Gusman mantan Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) dan Fahmi Darmawansyah, tersangka kasus dugaan perkara suap dua miliar rupiah terkait dengan proyek tender pengadaan alat komunikasi satelit di Badan Keamanan Laut (Bakamla) Republik Indonesia.

Din Syamsudin tiba di Gedung KPK Jakarta pada sekitar pukul 09:50 dan langsung masuk ke ruangan lobi, sekitar 10 menit kemudian Din Syamsudin keluar dari Gedung KPK Jakarta, Din Syamsudin mengaku bahwa kedatangannya ke Gedung KPK Jakarta tersebut mengurus surat izin untuk menjenguk mantan Irman Gusman.

Irman Gusman sebelumnya menjabat sebagai mantan Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Republik Indonesia, Irman Gusman telah ditetapkan sebagai tersangka dan ditahan penyidik KPK dalam kasus perkara dugaan menerima uang suap 100 juta rupiah terkait dengan alokasi kuota impor gula untuk Provinsi Sumatera Barat.

Selain itu Din Syamsudin juga menyempatkan diri untuk menjenguk Fahmi Darmawansyah, yang tak lain adalah Direktur Utama PT. Melati Technofo Indonesia (MTI) yang sebelumnya telah ditetapkan sebagai tersangka dan sudah ditahan oleh penyidik KPK sebagai terduga pemberi uang suap 2 miliar kepada oknum pejabat di Badan Keamanan Laut (Bakamla) Republik Indonesia terkait proyek lelang tender  pengadaan alat komunikasi satelit.

“Kedatangan saya ke Gedung KPK Jakarta adalah meminta izin kepada penyidik KPK untuk keperluan menjenguk atau mengunjungi dua sahabat saya, yaitu Pak Irman Gusman dan Pak Fahmi Darmawansyah yang sebelumnya telah ditahan oleh pihak KPK.” kata Din Syamsudin di Gedung KPK Jakarta, Kamis pagi (29/12/2016).

Jurnalis: Eko Sulestyono/Editor: Irvan Sjafari/Foto: Eko Sulestyono

Lihat juga...