Diskon untuk Pemegang KIA di Kota Bandung

RABU, 28 DESEMBER 2016

BANDUNG — Kota Bandung mulai menterjemahkan konsep dari pemerintah pusat dengan meluncurkan Kartu Identitas Anak (KIA) di Balai Kota, Jalan Wastukencana, Kota Bandung, Rabu (28/12/2016). Pemegang KIA ini adalah warga yang berusia 0 hingga 17 tahun.

Petugas menunjukkan KIA.

“Mulai sekarang tiap anak pun punya KTP gitu ya, KTP-nya itu namanya Kartu Identitas Anak, sehingga setiap orang yang eksis hadir di negeri ini dia harus pegang dokumen,” ujar Wali Kota Bandung, Ridwan Kamil, seusai peluncuran KIA. Pria yang karib disapa Emil ini mengatakan, KIA ini akan segera disosialisasikan di setiap sekolah dan juga rumah sakit. Menurutnya, ada sebanyak 700 ribu anak berusia di bawah 17 tahun di Kota Bandung.

“Setiap yang baru lahir langsung bisa mendapatkan akta kelahiran juga dan sekaligus kartu identitas anak,” katanya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Bandung, Popong W Nuraeni, menyampaikan, pemegang KIA nantinya bisa mendapatkan diskon di sejumlah tempat. Di antaranya potongan harga saat hendak mendaftar di beberapa lembaga bimbingan belajar.

“Diskonnya macam-macam, ada yang 50 persen, 20 persen, 10 persen. Target kita sebanyak-banyaknya pihak yang memberikan diskon itu,” tutur Popong.

Jurnalis: Rianto Nudiansyah / Editor: Satmoko / Foto: Rianto Nudiansyah

Lihat juga...