Harga Ayam Potong di Pasar Alok Maumere Tetap Tinggi

RABU  28 DESEMBER 2016
MAUMERE—Harga ayam potong yang dijual di pasar Alok yang merupakan pasar terbesar di kota Maumere masih tetap tinggi. Jika hari biasa, harga ayam poting berkisara antara 50 sampai 60 ribu rupiah per ekor, sejak menjelang Natal dan Tahun Baru beranjak naik hingga 50 persen.
Los ayam potong di pasar Alok Maumere.
“Harga ayam potong sejak sebelum Natal naik menjadi  70 sampai 80 ribu rupiah seekor tapi penjualan pun tidak mengalami peningkatan dan masih lebih rendah dari Natal tahun kemarin,” ujar Mulyati.
 
Pedagang ayam yang ditemui Cendana News di pasar Alok, Rabu (28/12/2016) ini mengakui meski di hari raya pembeli masih sepi dan hanya ada peningkatan sedikit saja dibanding hari biasa.
 
“Mungkin saja pengaruh angin kencang dan hujan yang tersu terjadi sehingga warga dari luar kota jarang yang datang berbelanja ke pasar ini, “ tuturnya .
 
Mulyati menjamin stok ayam di tingkat pedagang masih mencukupi sebab hingga menjelang akhir tahun semua pedagang masih memiliki stok di kandangnya. Selain itu stok ayam di tingkat penyalur pun masih mencukupi.
 
Selain ayam potong, harga ayam buras atau ayam kampung pun mengalami kenaikan dibanding hari biasanya. Untuk ayam kampung berukuran kecil biasanya dijual 50 sampai 60 ribu rupiah, di hari raya Natal dan menjelang Tahun Baru dilepas dengan harga 60 sampai 70 ribu rupiah.
 
“Untuk ukuran sedang biasanya dijual 80 sampai 100 ribu rupiah sementara yang  berukuran besar dijual dengan harga 140 samoai 150 ribu rupiah seekornya,” tutur Martinus Nong Lehan.
Penjual ayam kampung di pasar Alok ini pun mengaku penjualan ayamnya pun tidak mengalami peningkatan drastis meski pengunjung pasar Alok meningkat 2 kali lipat dibandingkan hari biasa. Bila hari bisa dirinya biasa menjual 20 samoai 30 ekor ayam kampung sehari, menjelang Natal penjualan hanya sedikit mengalami peningkatan. Biasanya penjualan meningkat drastis saat menjelang Tahun Baru.
“Kalau Natal bisanya 30 sampai 40 ekor sehari tapi kalau menjelang tahun baru bisa sampai 50 bahkan 60 ekor sebab banyak anak muda yang membuat acara kumpul-kumpul sambil bakar ikan atau ayam,” terangnya.
Pantauan Cendana News di pasar Alok, los ayam potong di pasar ini masih tetap sama dengan hari biasa. ara penjual banyak yang terlihat duduk-duduk di depan los kios mereka sambil bercengkerama.
Hanya terlhat satu dua pembeli yang datang membeli ayam namun semuanya minta langsung dipotong sementara satu dua anak muda terlihat membeli ayam potong yang masih hidup. Saat ditanyai, mereka mengaku akan mengkonsumsinya saat malam tahun baru.
Para penjual ayam potong yang sedang menanti pembeli.
Jurnalis: Ebed de Rosary/ Editor: Irvan Sjafari/Foto: Ebed de Rosary
Lihat juga...