Jelang Malam Pergantian Tahun, Tempat Wisata di Lampung Lakukan Persiapan

JUMAT, 30 DESEMBER 2016

LAMPUNG — Malam pergantian tahun 2016 ke tahun baru 2017 telah dilakukan beberapa pengelola tempat wisata untuk melakukan berbagai kegiatan. Salah satu tempat favorit masyarakat Lampung Selatan merayakan malam pergantian tahun baru di antaranya kawasan wisata Menara Siger yang ada di ujung Selatan Pulau Sumatera. Menurut salah satu pengelola tempat wisata Menara Siger, Ello, seperti pada tahun sebelumnya, pengelolaan Menara Siger akan disewa  pihak ketiga melalui event organizer (EO) sejak sebelum malam pergantian tahun hingga saat malam tahun baru dengan sistem sewa. Meski demikian, sejumlah persiapan dilakukan di antaranya dengan penyiapan petugas keamanan yang dilakukan satuan polisi pamong praja, polisi, dan TNI.

Kapolres Lampung, AKBP Adi Ferdian Saputra, menjelaskan kepada wartawan titik penting kerawanan yang perlu dijaga.

Ello mengungkapkan, kemeriahan malam tahun baru di Menara Siger selain dipusatkan di areal Menara Siger akan dipusatkan di bagian amphiteater dengan pertunjukan kesenian, musik jelang detik-detik pergantian tahun dan dimeriahkan dengan pesta kembang api. Ribuan orang yang akan hadir di area wisata Menara Siger, menurutnya, tak perlu khawatir kehabisan tempat karena lokasi parkir yang sangat luas dan pengunjung bisa menikmati suasana malam pergantian tahun baru di antaranya dengan letupan kembang api dari kapal- kapal roll on roll off (Roro) yang ada di Selat Sunda.

“Perayaan malam tahun baru selalu diisi dengan menyalakan kembang api selanjutnya tiup terompet bersama dan juga kegiatan lain yang dilakukan di sekitar area Menara Siger ini,” ungkap Ello saat dikonfirmasi Cendana News, Jumat (30/12/2016).

Terkait keamanan sejumlah titik keramaian dan pusat-pusat konsentrasi massa, sebelumnya Kapolres Lampung Selatan AKBP Adi Ferdian Saputra, dalam kegiatan Operasi Lilin Krakatau 2016 mengungkapkan, akan mengerahkan personil polisi di sejumlah titik keramaian. Pengerahan personil polisi tersebut di antaranya untuk mengamankan lalu lintas di jalan, pengamanan di area keramaian, dan mengantisipasi berbagai tindak kejahatan selama malam pergantian tahun. Sebanyak ratusan personil dari Polres dan Polsek bahkan akan ditempatkan di sejumlah titik. Sejumlah titik yang menjadi perhatian pada malam tahun baru di antaranya di kawasan wisata Menara Siger, Kota Kalianda serta sejumlah tempat wisata yang akan menyelenggarakan kegiatan malam tahun baru dengan kegiatan hiburan. Selain itu titik konsentrasi massa lainnya di antaranya terminal, bandara serta pertemuan titik-titik jalan penting juga akan menjadi perhatian.

“Kami akan fokus pengamanan pada sejumlah titik konsentrasi massa pada malam pergantian tahun baru dan berkoordinasi dengan sejumlah pihak untuk pengamanan tahun baru,” ungkap AKBP Adi Ferdian Saputra.

Selama pelaksanaan Operasi Lilin Krakatau 2016 yang baru akan berakhir setelah tahun baru 2017 koordinasi dilakukan di antaranya dengan Dinas Perhubungan Kabupaten Lampung Selatan, Satpol PP, Dinas Kesehatan, Sentra Komunikasi (Senkom) yang merupakan mitra kepolisian serta TNI dari Kodim 0421/LS. Sementara itu, selama malam pergantian tahun baru sejumlah perusahaan pelayaran yang tergabung dalam Gabungan Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan (Gapasdap) memiliki cara tersendiri dalam merayakan malam pergantian tahun baru. PT Windu Karsa Dwitya (WKD), salah satunya, menurut Kepala Cabang PT WKD Cabang Bakauheni, Yus Sondakh, di beberapa armada kapal seperti Windu Karsa Ditya akan dibagikan terompet, makanan ringan, serta atraksi kembang api di atas kapal. Atraksi tersebut nantinya akan terlihat dari daratan dan juga penumpang kapal yang secara kebetulan ada di tengah Selat Sunda masih bisa merayakan malam pergantian tahun.

“Setahun sekali kita selalu beri keistimewaan kepada penumpang terutama penumpang yang berada di kapal, bentuknya sementara pelayanan maksimal termasuk pemberian terompet dan pemberian makanan ringan,” terang Yus Sondakh. Meski demikian, ia mengaku, untuk pergantian malam tahun baru tersebut juga akan diisi dengan kegiatan doa sebagai ungkapan syukur atas tahun yang lewat dan memohon keselamatan pelayaran untuk tahun mendatang. Ia juga berharap kru kapal tidak melakukan kegiatan hura hura selama kegiatan malam pergantian tahun tersebut.

Salah satu pusat keramaian di Menara Siger.

Kepala Dinas Pariwisata Seni dan Budaya Kabupaten Lampung Selatan, Fauziah Arief, saat dikonfirmasi terkait kegiatan malam pergantian tahun mengaku belum ada kegiatan yang akan dilakukan seperti tahun sebelumnya. Ia bahkan mengungkapkan di lokasi wisata kuliner tahun baru dermaga bom Kalianda hingga saat ini belum ada persiapan khusus menyambut malam pergantian tahun yang biasanya selalu ramai dikunjungi wisatawan tersebut.

Jurnalis: Henk Widi / Editor: Satmoko / Foto: Henk Widi

Lihat juga...